ADVERTISEMENT

Benarkah Minum Susu Picu Jerawat? Ini Kata Dokter Kulit

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Sabtu, 10 Sep 2022 06:00 WIB
Benarkah Minum Susu Picu Jerawat? Ini Kata Dokter Kulit
Foto: Getty Images/iStockphoto/Makidotvn
Jakarta -

Minum susu sudah terbukti bagus untuk kesehatan tulang, tapi konsumsinya kerap dicap buruk untuk kulit. Mitos beredar kalau minum susu picu timbulnya jerawat. Bagaimana faktanya?

Susu sapi adalah salah satu minuman sehat yang bagus dikonsumsi rutin. Susu mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, hingga mineral.

Dalam 100 ml susu sapi mengandung sekitar 61 kalori, 3,2 gram protein, 3,5 gram lemak, dan 4,3 gram karbohidrat. Ada juga 143 mg kalsium, 60 mg fosfor, hingga 1,7 mg zat besi yang membuatnya punya beragam manfaat sehat.

Manfaat utamanya adalah menjaga kekuatan tulang dan kesehatan jantung. Selain itu, minum susu juga bisa meningkatkan sistem imun tubuh karena kandungan protein, vitamin A, dan asam lemak omega-3 nya.

Namun sayangnya konsumsi susu sapi dianggap buruk untuk kesehatan kulit. Banyak orang meyakini kebiasaan minum susu sapi bakal memicu timbulnya jerawat.

Benarkah Minum Susu Picu Jerawat? Ini Kata Dokter KulitKonsumsi susu disebut bisa memicu timbulnya jerawat. Foto: Getty Images/iStockphoto/Makidotvn

Mengutip Huff Post (29/8/2022), Dr. Cheri Frey selaku dokter kulit dari Universitas Howard, Amerika Serikat menjelaskan fakta di baliknya. Ia mengatakan kulit adalah organ, sama seperti ginjal atau jantung, sehingga apapun yang dikonsumsi juga bakal mempengaruhi kondisi kesehatan kulit.

"Kulit adalah organ terbesar, jadi jelas apapun yang kita konsumsi memiliki dampak (pada kulit)," katanya. Lalu, bagaimana kaitannya dengan jerawat? Apakah susu memicu jerawat?

Jawaban singkatnya adalah iya, tetapi tidak sepenuhnya diketahui soal alasan tepatnya karena berbagai alasan. Frey berujar setiap orang memproses makanan secara berbeda.

"Jenis penelitian soal makanan sangat sulit dilakukan pada skala populasi yang luas," katanya. Dan meskipun hasilnya terbatas, ada penelitian yang menunjukkan korelasi antara minum susu dan jerawat.

Dokter kulit lain, Dr. Susan Massick dari Ohio State University College of Medicine mengungkap bahwa susu memungkinkan timbulnya jerawat ketika diminum setiap hari secara konsisten. Jika sesekali, efeknya tidak akan terlihat.

Baca halaman selanjutnya untuk tahu kandungan pada susu yang memicu jerawat.



Simak Video "Berburu Sate Susu, Santapan Buka Puasa Khas Kampung Jawa di Bali"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT