ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Begini 5 Tips Aman Minum Kopi Agar Tak Gagalkan Diet

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 08 Sep 2022 07:30 WIB
Begini 5 Tips Aman Minum Kopi Agar Tak Gagalkan Diet
Foto: Getty Images/iStockphoto/Drazen Zigic
Jakarta -

Saat menjalani diet ada beberapa hal yang banyak dihindari, salah satunya minum kopi. Ternyata saat diet juga bisa tetap minum kopi dengan tips yang diberikan ahli gizi.

Saat menjalani program diet ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi. Hal ini bertujuan untuk mengendalikan pola makan lebih teratur dan mendapatkan target diet dengan lebih efektif.

Salah satunya adalah konsumsi kopi yang dikhawatirkan menjadi jalan masuk kalori tersembunyi yang dapat mengganggu pola diet. Ternyata minum kopi bisa tetap dilakukan sekalipun sedang menjalankan diet.

Ahli gizi menyebutkan ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk tetap minum kopi tanpa menggagalkan diet. Cara-cara yang bisa dilakukan juga cukup mudah untuk ditiru di rumah.

Berikut ini 5 tips minum kopi saat diet dari ahli gizi seperti dilansir Eat This:

Begini 5 Tips Aman Minum Kopi Agar Tak Gagalkan DietBerhenti menambahkan gula ke dalam kopi menjadi cara paling mudah untuk mengatur kalorinya. Foto: Getty Images/iStockphoto/Drazen Zigic

1. Hindari gula

Ahli gizi Lauren Manaker dan juga penulis The First Time Mom's Pregnancy Cookbook mengatakan bahwa tidak menambahkan gula ke dalam kopi menjadi cara paling mudah untuk tetap mendapatkan penurunan berat badan. Sebenarnya batas konsumsi gula setiap individu berbeda-beda bergantung pada jumlah asupan kalori.

Rata-rata jumlah asupan gula yang disarankan sekitar 50 gram saja. Perhitungannya, jika menambahkan satu sendok makan gula maka kamu sudah mengonsumsi sekitar 12,5 gram yang setara dengan 1/4 dari batas asupan yang disarankan.

Selain dapat meningkatkan berat badan, menambahkan gula ke dalam kopi juga dapat menambah risiko diabetes dan penyakit jantung. Untuk menggantikan rasa manisnya, Manaker menyarankan untuk menambahkan alulosa atau buah luo han guo sebagai pemanis alami.

2. Pilih kopi hitam

Tidak hanya melalui gula, menambah berbagai pemanis dan kalori pada segelas kopi juga dapat berdampak negatif bagi tubuh. Terutama pada pelaku diet, menambahkan berbagai bahan pelengkap dapat menggagalkan rencana diet yang dijalani.

Bahkan ahli gizi juga menyebutkan penambahan krimer dalam kopi berpengaruh pada total kalori yang terkandung dalam segelas kopi. Sebisa mungkin lebih baik untuk mengonsumsi kopi hitam yang murni tanpa tambahan apapun.

"Menambahkan krim, half and half dan bahkan susu dapat meningkatkan jumlah kalori yang signifikan dan lemak pada segelas kopi yang nantinya dinikmati," ungkap Manaker.

Tips minum kopi saat diet lainnya bisa dilihat pada halaman berikutnya.



Simak Video "Bikin Laper: Berburu Kuliner Malam di Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT