ADVERTISEMENT

Apa Pisang Cocok Dikonsumsi Saat Sarapan? Ini Kata Ahli Kesehatan

Yenny Mustika Sari - detikFood
Rabu, 07 Sep 2022 08:00 WIB
pisang buat sarapan
Foto: Getty Images/iStockphoto/
Jakarta -

Sebagian orang menyukai pisang untuk dikonsumsi saat sarapan. Namun, apakah mengonsumsi pisang di pagi hari adalah pilihan yang tepat? Berikut faktanya.

Pisang merupakan buah yang mengandung nutrisi tinggi. Seperti vitamin B6, vitamin C, serat, potasium, dan mangan. Tak heran kalau pisang termasuk ke dalam 'superfood'.

Karena kandungan nutrisinya yang tinggi ini membuat pisang banyak dikonsumsi saat sedang diet. Biasa disantap langsung maupun diolah menjadi smoothie, oatmeal, hingga roti panggang.

Pisang yang dikonsumsi saat sarapan memang dapat memberikan asupan energi segera. Namun, kandungan gulanya juga bisa menaikkan gula darah dengan cepat. Jadi, apakah pisang baik dikonsumsi saat sarapan?

Baca Juga: Netizen Sedih! Gerai Beard Papa's di Seluruh Indonesia Tutup

Penjelasan Ahli Soal Sarapan Pisang

pisang buat sarapanpisang buat sarapan Foto: Getty Images/iStockphoto/

Dr. Brahmanand Nayak dalam situs resmi miliknya drbrahma.com (11/2/2022) menjelaskan kalau pisang mengandung 25% gula dan memiliki pH sekitar 5. Sementara pisang matang bersifat basa, pisang mentah bersifat asam.

Asupan jumlah gula di pagi hari menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat. Karena itu, setelah mengonsumsi pisang, orang cenderung merasa energik tetapi energinya cepat terkuras. Hal ini menyebabkan kelelahan.

Lonjakan kadar gula darah yang tiba-tiba juga tidak baik untuk penderita diabetes tipe-2. Pisang juga bersifat asam, mengonsumsinya saat perut kosong dapat menyebabkan masalah usus. Kandungan magnesium yang tinggi pada pisang juga dapat mengganggu keseimbangan antara kalsium dan magnesium dalam darah sehingga berdampak buruk pada sistem kardiovaskular.

Menurut penjelasan Dr. Brahmanand Nayak, pisang tak baik dikonsumsi saat sarapan untuk sebagian orang. Terutama orang yang menderita diabetes tipe-2 dan memiliki gangguan pada sistem pencernaan.

Baca Juga: Inilah 7 Manfaat Pisang yang Menyehatkan Menurut Ahli Diet



Simak Video "Penampakan Pisang Rojo Sewu yang Panjangnya 2 Meter"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT