ADVERTISEMENT

Ahli Gizi Ungkap 6 Trik Mudah agar Anak Mau Makan Sayur

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Jumat, 02 Sep 2022 06:00 WIB
Ahli Gizi Ungkap 6 Trik Mudah agar Anak Mau Makan Sayur
Foto: Getty Images/iStockphoto/M-image
Jakarta -

Anak-anak umumnya enggan makan sayur karena rasanya dianggap hambar dan tak enak. Untuk mengakalinya, coba praktekkan trik ahli gizi berikut agar anak mau makan sayur.

Membiasakan pola makan sehat untuk anak bukan hal mudah, tapi bukan berarti tidak mungkin. Butuh usaha keras untuk membuat mereka mau atau bahkan suka menyantap makanan sehat seperti ragam buah dan sayur.

Di usia yang masih belia, anak-anak umumnya menghindari sayur karena rasanya identik hambar dan tak enak. Orang tua sebaiknya tak mudah menyerah karena ahli gizi mengungkap hal ini bisa diatasi.

Mengutip Eat This, Not That (1/9), ahli gizi Jessica Sylvester mengatakan kuncinya ada pembiasaan. Anak-anak akan tergerak mau makan sayur jika di sekelilingnya juga terbiasa makan sayur.

Kemudian sayur bisa diolah dengan cara dan tampilan lebih menarik agar mereka tergoda melahapnya. Hal ini perlu dilakukan berulang dan sering agar anak-anak bisa memiliki pengalaman sensori ini dengan sayuran.

Berikut 6 trik mudah agar anak mau makan sayur:

1. Mulai sejak dini

Kenalkan sayuran pada anak-anak sejak sedini mungkin. Ketika sudah masuk masa pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) di usia 6 bulan, bisa diberikan aneka puree sayur agar mereka mengenal berbagai rasa sayur.

Puree ini juga bisa dicampur dengan buah untuk mendapatkan rasa manis alami. Biasanya anak-anak juga akan lebih menyukainya. Orang tua perlu kreatif memikirkan menu puree sayur untuk si kecil.

Salah satu yang bisa dicoba adalah puree labu parang (kabocha), wortel, dan bayam. Lalu ada juga puree kabocha, bayam, edamame, kentang, dan ayam kampung. Lihat resepnya di artikel di bawah ini.

Baca Juga: 7 Menu dan Resep MPASI untuk Bayi 6 Bulan

2. Taruh sayuran di atas piring makan anak, meski sedikit

Ahli Gizi Ungkap 6 Trik Mudah agar Anak Mau Makan SayurFoto: Getty Images/iStockphoto/M-image

"Saat anak-anak beranjak besar, selalu taruh ragam sayur di piring mereka," kata Sylvester. Ia merekomendasikan porsinya kecil saja agar anak-anak tak kaget ataupun merasa terpaksa harus menghabiskan jika sayuran disuguhkan dalam porsi besar.

Cara ini mungkin akan lebih 'tricky' untuk anak-anak yang memang pemilih soal makanan (picky eater). Tapi Sylvester bilang, menaruh sayuran dalam porsi kecil tetap bisa dilakukan. Jumlahnya cukup 1 sendok teh saja sebagai sebuah langkah awal.

3. Sajikan sayuran bersama menu lain yang disukai si kecil

Trik mudah lain untuk membuat anak-anak suka makan sayur adalah dengan menyajikan sayur bersama menu yang ia suka. Dengan begini, mereka secara alami akan mengasosiasikan sayuran dengan makanan enak.

"Selalu berikan (anak Anda) sayuran-atau makanan baru apa pun-dengan sesuatu yang Anda tahu mereka akan menyukainya," kata Sylvester. "Jadi, jika anak Anda menyukai blueberry, pastikan untuk meletakkannya di piring mereka saat Anda sedang memperkenalkan sayuran baru."

Baca Juga: Kenapa Banyak Anak Kecil Tidak Suka Makan Sayur?

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT