ADVERTISEMENT

5 Cara Sehat Makan Nasi Kata Ahli Gizi

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 17 Agu 2022 08:00 WIB
5 Cara Sehat Makan Nasi Kata Ahli Gizi
Foto: Getty Images
Jakarta -

Nasi putih adalah makanan pokok orang Indonesia. Konsumsinya harus hati-hati karena kalori tinggi, tapi ada cara lebih sehat yang bisa dilakukan. Begini menurut ahli gizi

Sebagian penduduk di wilayah Asia masih menjadikan nasi putih sebagai makanan pokok mereka, seperti halnya di Indonesia. Masyarakat Indonesia telah menganggap bahwa nasi putih menjadi bagian penting dalam menu makan mereka. Tanpa nasi putih, mereka tidak akan puas dan merasa belum makan.

Memang nasi putih atau beras putih menawarkan lebih sedikit nutrisi, termasuk mineral, vitamin, dan serat. Untuk itu, nasi putih sering dianggap sebagai makanan yang kurang sehat. Ditambah kalori nasi putih yang cukup tinggi membuat makanan ini dianggap tidak cocok untuk mereka yang sedang diet.

Tetapi nasi putih tetap dipilih oleh banyak orang karena proses masaknya yang lebih cepat, dengan tekstur yang lebih lembut, serta harga yang lebih ekonomis. Sebenarnya nasi putih bisa diolah menjadi lebih sehat dengan cara mengimbangi dengan makanan yang juga bernutrisi. Porsi nasi putih pun sebaiknya harus dikontrol, tidak boleh terlalu banyak.

Merangkum healthline.com (25/07), berikut 5 cara terbaik untuk memasak dan mengonsumsi nasi putih menurut ahli gizi:

1. Makan Nasi dengan Sayur

5 Cara Sehat Makan Nasi Kata Ahli GiziPenambahan sayuran bakal menambah kandungan serat pada nasi yang tadinya rendah menjadi lebih tinggi. Foto: Getty Images

Banyak olahan sayur yang bisa dikonsumsi bersama nasi putih. Seperti tumis sayuran wortel dan bayam.

Penambahan sayuran bakal menambah kandungan serat pada nasi yang tadinya rendah menjadi lebih tinggi.

Beberapa sayuran juga mengandung ragam nutrisi mulai dari kalsium, vitamin C, zat besi, dan folat yang mampu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.

2. Makan Nasi dengan Ikan

Olahan ikan juga bisa menjadi lauk pendamping nasi. Sebenarnya konsumsi ikan yang baik adalah dua kali dalam seminggu.

Ini biasanya dikaitkan dengan manfaatnya untuk kesehatan jantung, saraf, dan hati.

Selain itu, ikan juga menjadi sumber penting dari protein, antioksidan, dan nutrisi anti-inflamasi, termasuk asam lemak omega-3. Banyak olahan ikan di Indonesia yang bisa dimakan menjadi lauk nasi panas. Tetapi ingat, sebaiknya olahan ikan itu tidak dimasak dengan tepung. Sementara ikan juga bisa dilengkapi dengan sayuran segar.



Simak Video "Bikin Laper: Nasi Campur Bali Enak yang Legendaris"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT