9 Makanan yang Boleh dan Tidak Disimpan di Freezer

ADVERTISEMENT

9 Makanan yang Boleh dan Tidak Disimpan di Freezer

Atiqa Rana - detikFood
Sabtu, 13 Agu 2022 06:00 WIB
9 Makanan yang Boleh dan Tidak Disimpan di Freezer
Foto: Getty Images

4. Yogurt dan Krim

9 Makanan yang Boleh dan Tidak Disimpan di FreezerMenurut BBC Good Food, yogurt dan krim dapat dibekukan. Tetapi setelah dicairkan, makanan ini harus sambil diaduk kembali. Penyimpanan yogurt bisa dipindah dalam porsi kecil ke wadah kedap udara. Foto: Getty Images

Makanan ini biasanya mengandung bakteri fermentasi, sehingga rasanya akan mudah asam dan busuk. Tetapi ternyata yogurt dan krim juga bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Menurut BBC Good Food, yogurt dan krim dapat dibekukan. Tetapi setelah dicairkan, makanan ini harus sambil diaduk kembali. Penyimpanan yogurt bisa dipindah dalam porsi kecil ke wadah kedap udara.

Selain makanan itu, beberapa makanan seperti sayur-sayuran, jamur, brokoli, dan beberapa buah seperti pisang atau tomat juga bisa turut dibekukkan.

Makanan yang Tidak Boleh Dibekukan

Meskipun kebanyakan makanan bisa dibekukan, tetapi ada juga makanan yang tidak bisa masuk ke lemari pendingin itu.

1. Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng tidak bisa dengan mudah masuk ke lemari es. Ini karena makanan goreng yang dibekukan akan membuatnya menjadi basah ketika digoreng kembali. Minyak yang ada cenderung meresap ke seluruh bahan hingga mengubah rasa makanan.

2. Beberapa Saus

9 Makanan yang Boleh dan Tidak Disimpan di FreezerSaus yang dijual di supermarket memang terlihat memiliki umur simpan yang panjang. Tetapi cara penyimpanannya bukan berarti dengan dibekukan. Foto: Getty Images

Saus yang dijual di supermarket memang terlihat memiliki umur simpan yang panjang. Tetapi cara penyimpanannya bukan berarti dengan dibekukan.

Beberapa saus dikentalkan dengan tepung maizena bahkan dengan menggunakan telur. Karenanya jika dibekukkan rasanya akan tidak terlalu enak karena konsistensinya berubah menjadi terpisah dan kental.

3. Tomat Segar

9 Makanan yang Boleh dan Tidak Disimpan di FreezerTomat menjadi sayuran yang tidak bisa dibekukan karena mengandung banyak air. Jika tomat dibekukan ketika dimasak nantinya akan berantakan dan berlendir. Foto: Getty Images

Tomat menjadi sayuran yang tidak bisa dibekukan karena mengandung banyak air. Jika tomat dibekukan ketika dimasak nantinya akan berantakan dan berlendir.

Lebih baik setelah beli tomat, bisa langsung dipakai untuk masak, atau bisa dipakai hingga 2 atau tiga hari sebelum busuk.

4. Mayonnaise

Mayonnaise adalah salah satu bumbu yang terbuat dari kuning telur. Selain itu, mayonaise juga memiliki tekstur yang kental.

Jika mayonnaise dibekukkan, bisa jadi nanti rasanya akan berubah dan teksturnya juga menjadi buyar dan lengket.

5. Telur

Banyak orang berpikir bahwa telur bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama jika dimasukkan dalam freezer. Tapi sebenarnya, telur tidak boleh dibekukan dalam keadaan masih dengan cangkang.

Jika ingin membekukkan telur, bisa dengan carah memecah telur dan mengocok telur seperti biasa hingga kuning dan putih sudah tercampur.



Simak Video " Ingat! Jangan Asal Konsumsi Frozen Food"
[Gambas:Video 20detik]

(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT