9 Makanan yang Boleh dan Tidak Disimpan di Freezer

ADVERTISEMENT

9 Makanan yang Boleh dan Tidak Disimpan di Freezer

Atiqa Rana - detikFood
Sabtu, 13 Agu 2022 06:00 WIB
9 Makanan yang Boleh dan Tidak Disimpan di Freezer
Foto: Getty Images
Jakarta -

Banyak orang berpikir memasukkan semua makanan mereka ke freezer agar tahan lebih lama. Namun, tak semua jenis makanan cocok disimpan, ini daftarnya!

Beberapa orang memiliki cara sendiri untuk menyimpan makanannya. Banyak dari mereka membeli dalam jumlah banyak, lalu membekukan sebagiannya dalam kulkas.

Ini dilakukan karena beberapa makanan memang memiliki masa simpan yang lebih lama jika dibekukan. Terlebih jika menyimpannya dalam wadah kedap udara.

Tetapi perlu diketahui, tidak semua makanan bisa dibekukan. Ada pula makanan yang tidak bisa dimasukkan dalam lemari pembeku.

Merangkum National World (11/08), berikut daftar makanan yang boleh dibekukan dan tidak dalam freezer:

Makanan yang Bisa Dibekukan

1. Susu

Susu menjadi makanan yang mudah basi jika tidak disimpan dengan cara yang baik. Sebenarnya susu bisa saja dibekukan dan disimpan selama beberapa hari di freezer, tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Pastikan untuk menyimpan susu dalam wadah kedap udara dengan sedikit ruang. Namun tidak semua susu bisa memiliki tekstur, rasa, dan bentuk yang sama ketika dibekukan.

Contohnya susu oat, yang jika dibekukan justru akan menghasilkan tekstur yang agak kasar ketika dicairkan.

2. Roti

9 Makanan yang Boleh dan Tidak Disimpan di FreezerNamun hal tersebut bisa diatasi dengan memasukkan roti ke dalam freezer setelah dibeli atau dibuat. Roti yang dibekukan akan terhindar dari pertumbuhan jamur. Foto: Getty Images

Jika sudah melewati batas simpan, biasanya roti akan cepat berjamur. Tentunya ini akan mengganggu dan menjadi mubazir.

Namun hal tersebut bisa diatasi dengan memasukkan roti ke dalam freezer setelah dibeli atau dibuat. Roti yang dibekukan akan terhindar dari pertumbuhan jamur.

Biasanya roti beku akan membentuk banyak kristal es di wadahnya, sehingga kamu bisa memotong roti menjadi lebih kecil agar es lebih mudah mencair.

3. Kue

Cara menyimpan kue yang paling baik memang ditaruh di dalam lemari es, namun jika ingin umur simpannya lebih panjang, kamu bisa memasukkan kue ke freezer.

Kue yang dibekukan bisa bertahan selama berbulan-bulan. Pastikan untuk membungkus kue dengan erat atau menyimpannya dalam wadah kedap udara sebelum dibekukkan.



Simak Video " Ingat! Jangan Asal Konsumsi Frozen Food"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT