5 Menu Sarapan yang Wajib Dihindari agar Tidak Lemas di Siang Hari

ADVERTISEMENT

5 Menu Sarapan yang Wajib Dihindari agar Tidak Lemas di Siang Hari

Atiqa Rana - detikFood
Jumat, 12 Agu 2022 06:00 WIB
5 Menu Sarapan yang Wajib Dihindari agar Tidak Lemas di Siang Hari
Foto: Getty Images
Jakarta -

Tak sekadar kenyang, memilih menu sarapan ada anjurannya. Hindari menu sarapan ini agar kamu tak mudah lemas setelah mengonsumsinya.

Sarapan setiap hari memang penting, namun menu-menu yang dikonsumsi juga harus tepat. Tidak bisa sembarangan, ada beberapa menu yang cocok dimakan untuk sarapan.

Jika mengonsumsi makanan yang tidak tepat, bukan tidak mungkin kamu alami midday slump. Efeknya berupa rasa kantuk, lelah, dan malas. Untuk menghilangkan efek ini, salah satu caranya dengan tidur siang.

Tetapi pastinya tidak semua orang bisa melakukan tidur siang, apa lagi mereka yang sibuk dengan pekerjaannya. Karenanya untuk mengatasi hal tersebut, cara yang bisa dilakukan adalah dengan memilih menu makanan yang tepat.

Berikut 5 menu sarapan yang harus dihindari, serta pengganti sarapan yang lebih baik menurut ahli gizi May Zhu, RDN, LDN, seperti dirangkum dari Live Strong (02/08).

5 Menu sarapan yang Menyebabkan Lesu dan Harus Dihindari :

1. Jus Buah

5 Menu Sarapan yang Wajib Dihindari agar Tidak Lemas di Siang HariJus buah mungkin terlihat menyehatkan, namun menu ini bisa menyebabkan lesu di siang hari. Foto: Getty Images

Jus buah mungkin terlihat menyehatkan, namun menu ini bisa menyebabkan lesu di siang hari. Jus buah memang tidak buruk karena terbuat dari 100 persen buah alami dan mengandung vitamin serta mineral tinggi.

Tetapi buah yang dijus akan menghilangkan serat yang biasanya ada di buah utuh. Itulah mengapa konsumsi jus bisa membuat lesu di siang hari. Karena tanpa serat, gula dalam jus akan diserap dengan cepat dan menyebabkan lonjakan energi tinggi, ungkap Zhu.

Tetapi tidak selalu naik, kita juga mungkin akan mengalami penurunan tingkat energi yang cepat, yang mampu memberikan efek lesu di siang hari.

2. Roti Putih Rendah Serat

Banyak orang memilih roti sebagai menu sarapan. Sebenarnya roti baik-baik saja dikonsumsi asalkan bukan roti putih.

Ini disebabkan, karbohidrat olahan rendah serat seperti yang terkandung dalam roti putih dapat berkontribusi dalam penurunan energi.

Sebagai solusi, hindari roti putih dan beralihlah pada roti gandum yang umumnya memberikan lebih banyak serat. Roti dengan serat yang lebih banyak akan membantu perut kenyang lebih lama.



Simak Video "Pabrik Tahu Ini Diminati Para Pegowes untuk Sarapan"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT