6 Mitos Makanan Sehat Ini Sudah Usang, Tak Perlu Dipercaya Lagi

ADVERTISEMENT

6 Mitos Makanan Sehat Ini Sudah Usang, Tak Perlu Dipercaya Lagi

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 11 Agu 2022 13:00 WIB
6 Mitos Makanan Sehat Ini Sudah Usang, Tak Perlu Dipercaya Lagi
Foto: Getty Images/iStockphoto/RossHelen

4. Makan sehat harus sempurna

Sama seperti kata pepatah, tidak ada sesuatu yang sempurna. Frasa ini juga sama seperti memulai untuk mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Tidak perlu terlalu ketat dan terburu-buru, kamu cukup menyesuaikannya dengan kebutuhan saja.

Mengubah pola makan secara ekstrem dalam waktu singkat tidak akan membuat kamu lebih cepat terbiasa dengan makanan sehat. Perubahan yang terlalu cepat justru dikhawatirkan oleh ahli gizi dapat membuat kamu lebih cepat tergoda dengan makanan yang kurang sehat dan menimbulkan keinginan untuk makan lebih banyak sebagai ajang balas dendam.

5. Butuh usaha yang keras

6 Mitos Makanan Sehat Ini Sudah Usang, Tak Perlu Dipercaya LagiHanya perlu terbiasa, mengubah pola makan menjadi lebih sehat bukan hal yang sulit dilakukan. Foto: Getty Images/iStockphoto/RossHelen

Memang benar bahwa menjalani pola hidup yang lebih sehat membutuhkan usaha yang cukup keras. Tetapi usaha keras ini hanya diperlukan pada awal mencoba mengubah pola makan menjadi lebih baik saja.

Lambat laun tubuh akan terbiasa dengan makanan-makanan sehat dan untuk memilih makanan sehat bukan lagi terasa seperti sebuah keterpaksaan. Setelah berhasil terbiasa dengan makanan sehat kamu akan mulai merasakan bahwa makan sehat adalah kebutuhan dan tak perlu usaha keras untuk menerapkannya.

6. Hanya ada satu diet yang tepat

Tidak ada satu pola makan atau pola diet sehat yang akan cocok untuk semua orang. Faktanya variasi diet sehat yang kini berkembang adalah karena banyak orang yang bereksperimen mencari pola diet sehat yang tepat untuk tubuh dan kebutuhan mereka.

Setiap individu memiliki kebutuhan asupan dan nutrisi yang berbeda-beda yang artinya dibutuhkan juga kebiasaan dan pola makan yang berbeda-beda. Kunci utama untuk bisa konsisten makan sehat adalah menemukan gaya diet yang tepat serta memahami kebutuhan tubuh sendiri.


(dfl/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT