ADVERTISEMENT

Mudah Ditiru! 4 Kebiasaan Ini Bantu Jaga Tulang Tetap Kuat dan Sehat

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 10 Agu 2022 07:00 WIB
Mudah Ditiru! 4 Kebiasaan Ini Bantu Jaga Tulang Tetap Kuat dan Sehat
Foto: Getty Images/iStockphoto/Vera_Petrunina
Jakarta -

Tidak hanya kulit, tulang juga perlu dijaga kesehatannya. Menerapkan empat kebiasaan ini dikatakan ahli ampuh untuk menjaga tulang tetap kuat.

Tidak hanya penampilan saja tetapi seluruh organ tubuh juga harus dijaga kesehatannya. Mencegah penuaan juga perlu dilakukan terhadap tulang-tulang untuk menopang tubuh.

Jika melakukan kebiasaan yang buruk dampaknya dapat merusak kekuatan tulang sehingga lebih cepat mengalami pengeroposan dan pengikisan. Menjaga keremajaan tulang bisa dengan memperbanyak mineral yang dibutuhkan tulang untuk menguatkan kepadatan partikelnya.

Brittany Dunn, selaku ahli medis di Medical Expert Board mengatakan bahwa ada beberapa cara untuk menguatkan tulang selagi muda. Salah satunya dengan menerapkan kebiasaan makan dan minum yang sehat dan tepat untuk tulang.

Berikut ini 4 kebiasaan yang disarankan ahli untuk menjaga keremajaan tulang melalui Eat This, Not That:

Mudah Ditiru! 4 Kebiasaan Ini Bantu Jaga Tulang Tetap Kuat dan SehatMengandung kalsium yang tinggi, susu sangat disarankan untuk menjaga kekuatan tulang. Foto: Getty Images/iStockphoto/Vera_Petrunina

1. Minum susu terfortifikasi

Dunn menyebutkan bahwa susu menjadi salah satu cara terbaik untuk membantu menutrisi tulang. Hal ini karena susu mengandung mineral seperti vitamin D, kalsium dan protein yang sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan tulang.

Terutama pada susu sapi yang telah difortifikasi mengandung lebih banyak vitamin dan mineral dari yang ditemukan pada susu sapi secara alami. Bagi pelaku diet vegan atau vegetarian hingga yang sensitif terhadap laktosa ada juga beberapa alternatif susu yang disarankan oleh Dunn.

Selain susu hewani, susu nabati seperti kedelai, oat milk, santan, kacang mete dan kacang almond juga disarankan untuk dikonsumsi secara rutin. Dunn menyarankan untuk selalu melihat label pada kemasan susu dan memilih kemasan dengan tulisan "fortifikasi".

2. Tambahkan susu pada smoothie

Selain bisa langsung diminum dengan segar, susu juga bisa ditambahkan ke dalam olahan lain dan membuatnya semakin lezat. Salah satunya adalah smoothie yang paling enak untuk disantap sebagai salah satu menu sarapan.

Menambahkan susu ke dalam smoothie disebutkan oleh Dunn menjadi cara yang baik untuk menjaga tulang tetap sehat dan kuat lebih lama. Selain susu segar, Dunn juga menyebutkan olahan susu lain bisa ditambahkan ke dalam smoothie untuk membuatnya semakin bernutrisi.

Alternatif berupa yogurt atau susu kedelai yang terfortifikasi menjadi rekomendasi Dunn selanjutnya untuk ditambahkan dalam smoothie setiap pagi. Hal ini lantaran daftar susu alternatif ini memiliki sumber kalsium, vitamin D dan protein yang begitu kaya sehingga cocok untuk membantu perkembangan tulang agar lebih kuat.

Rutinitas untuk menjaga keremajaan tulang lainnya bisa dilihat pada halaman berikutnya.



Simak Video "KuTips: Penting! 4 Cara Tepat Mengolah Daging Saat Darurat PMK"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT