ADVERTISEMENT

Begini Cara Terbaik Konsumsi Telur agar Nutrisinya Maksimal

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 10 Agu 2022 06:00 WIB
Begini Cara Terbaik Konsumsi Telur agar Nutrisinya Maksimal
Foto: Getty Images
Jakarta -

Telur merupakan bahan makanan kaya nutrisi yang gampang diolah. Tapi saat memasaknya, pastikan hal berikut dilakukan agar nutrisi telur tidak hilang.

Telur adalah makanan sehari-hari yang praktis. Telur ayam mengandung berbagai macam nutrisi mulai dari protein, vitamin, hingga mineral.

Makanan ini dikenal memberikan banyak manfaat kesehatan mulai dari sumber protein yang baik, mengatasi peradangan, kesehatan otak, bahkan baik untuk kehamilan.

Telur juga sangat mudah diolah menjadi berbagai makanan seperti telur dadar, telur orak-arik, rebus, hingga dicampur dengan hidangan lainnya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa telur memang sehat. Namun ketika mengolah telur, ternyata ada hal yang harus diperhatikan.

Banyak orang bilang cara mengolah telur bisa mempengaruhi nutrisi di dalamnya. Karenanya agar tubuh tetap mendapatkan manfaat nutrisi dari telur, hindarilah beberapa hal ini dan ubah cara olah telur menjadi lebih sehat.

Begini tipsnya:

1. Jangan Konsumsi Telur dengan Makanan Olahan

Begini Cara Terbaik Konsumsi Telur agar Nutrisinya MaksimalSecara keseluruhan, hidangan seperti ini memiliki lemak jenuh yang tinggi, natrium, dan nutrisi buruk lainnya. Daging bacon dan sosis mengandung banyak lemak dan sodium. Foto: Getty Images

Banyak dari kita mengolah telur dengan berbagai makanan lain. Salah satunya makanan olahan yang terbilang praktis.

Misalnya bacon, sosis, dan kentang goreng yang juga banyak dijajakan di restoran. Mungkin banyak yang berpikir bahwa penambahan telur di dalam menu itu adalah pilihan yang baik, tapi nyatanya tidak.

Secara keseluruhan, hidangan tersebut memiliki lemak jenuh yang tinggi, natrium, dan nutrisi buruk lainnya. Daging bacon dan sosis mengandung banyak lemak dan sodium.

Menurut Pedoman Diet 2020-2025 untuk orang Amerika, rekomendasi asupan natrium harian adalah 2.300 miligram. Sementara satu strip bacon mengandung 115 miligram, yang berarti sudah senilai 5% dari rekomendasi nilai itu. Belum lagi kentang goreng yang hadir di sana, bisa menambah kalori harian.

Jika memang ingin mencampurkan telur dengan hidangan lain, pilihlah bahan-bahan makanan secara bijak. Kamu bisa mengganti sarapan dengan menu lebih sehat seperti sandwich roti gandum sayuran yang diisi dengan tambahan telur.

2. Memadukan Telur dengan Bahan Makanan Sehat

Begini Cara Terbaik Konsumsi Telur agar Nutrisinya MaksimalJiks masih ingin makan telur dengan campuran lain, bisa dipilih makanan yang memberikan nutrisi. Foto: Getty Images

Tak ada cara khusus yang bisa dilakukan untuk mendapat manfaat terbaik telur, tapi selama memperhatikan segala menu yang ada di piring, kita bisa mengawasi manfaat yang diberikan telur.

Jika memang kamu mengetahui ada makanan yang kurang baik manfaatnya, sebaiknya tidak dicampur dengan telur.

Tetapi jika masih ingin makan telur dengan campuran lain, bisa dipilih makanan yang memberikan nutrisi.

Ahli gizi Lauren Manaker mengungkap, "Saat Anda menikmati telur Anda, pastikan untuk memakannya bersama dengan makanan lain yang baik untuk Anda dan padat nutrisi seperti alpukat, roti gandum, dan sayuran."



Simak Video "Masak Masak: Nasi Telur Pontianak Simpel tapi Enak"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT