ADVERTISEMENT

Rajin Sarapan Telur Bikin Kulit Wajah Makin Sehat

Sonia Basoni - detikFood
Minggu, 07 Agu 2022 05:00 WIB
Fried Egg on Toast and cup of Coffee for Breakfast. Fried egg with bread on plate over wooden table, top view, copy space.
Foto: iStock
Jakarta -

Selain kaya protein, sarapan telur ternyata juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit tubuh. Begini manfaatnya.

Beberapa orang menganggap bahwa terlalu banyak konsumsi telur bisa menimbulkan jerawat hingga bisul di tubuh. Padahal sebenarnya telur bermanfaat dan memiliki banyak khasiat jika dikonsumsi dalam porsi yang wajar.

Melansir Mind Body Green (06/08), konsumsi telur ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Telur diketahui memiliki protein berkualitas tinggi, dengan asam amino yang bagus untuk kesehatan kulit.

"Telur, terutama putih telur mengandung glycine dan proline, asam amino yang membuat kolagen," ungkap dokter spesialis kulit, Whitney Bowe.

Baca Juga: Ini Manfaat Sehat Konsumsi Mie Telur yang Mulur Gurih" selengkapnya


Untuk kesehatan kulit, penting agar orang mempertahankan produksi kolagen yang seimbang sehingga kulit tetap kenyal hingga kencang. Kolagen ini penting terutama bagi mereka yang usianya sudah berada di pertengahan 25 tahun ke atas, karena pada usia inilah produksi kolagen natural mulai menurun.

Tasty diet dish for breakfast or lunch. Scrambled eggs on plate over white stone background. Healthy food. Top view, flat layTasty diet dish for breakfast or lunch. Scrambled eggs on plate over white stone background. Healthy food. Top view, flat lay Foto: Getty Images/iStockphoto/Tatiana Volgutova

Dokter Bowe menyarankan untuk mengonsumsi putih telur, tapi bukan berarti kuning telur tidak memiliki manfaatnya. Karena menurut ahli kesehata Max Lugavere, makan telur utuh sama sehatnya seperti makan putih telur.

Selain itu telur juga bisa dikreasikan di beberapa menu makanan lainnya, terutama pada menu sarapan. Karena telur cocok untuk disajikan sebagai omelete dengan kale atau bayam.

Bisa juga dibuat telur rebus sebagai tambahan salad. Hingga menu telur mata sapi yang disajikan dengan roti gandum.

Selain untuk kesehatan kulit, telur juga mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, folat, selenium, kalsium hingga sumber lemak sehat. Telur disebut bisa membantu menjaga penglihatan agar tetap sehat.

Baca Juga: 7 Manfaat Sehat Makan Telur Saat Sarapan" selengkapnya



Simak Video "Icip-icip Bakso Ikan Telur Asin Ahan Khas Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT