7 Manfaat Sehat Makan Telur Saat Sarapan

Devi Setya - detikFood Senin, 20 Jul 2020 06:00 WIB
Pair of fried eggs in the shape of hearts on two pieces of toast on a plate Foto: Getty Images/iStockphoto/PeskyMonkey
Jakarta -

Bukan hanya enak dan mudah dibuat, sarapan telur juga kaya nutrisi. Telur juga memberi manfaat sehat jika dimakan saat sarapan setiap pagi.

Telur sering diandalkan jadi menu sarapan sejak lama. Rasanya enak, praktis dibuat serta kaya nutrisi. Saat sarapan, telur bisa diolah jadi telur dadar, telur rebus ataupun telur orak-arik. Telur juga dipadukan dengan berbagai menu seperti roti dan campuran salad.

Dilansir dari Keckmedicine (19/7) makan telur saat sarapan bisa memberi manfaat untuk kesehatan. Sarapan telur bisa membuat kenjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan mata hingga meningkatkan kolesterol baik dal tubuh.

Baca juga : 5 Olahan Telur Untuk Sarapan Paling Populer di Dunia

Berikut beberapa manfaat sehat makan telur saat sarapan yang perlu kamu ketahui

1. Makanan tinggi nutrisi

Pair of fried eggs in the shape of hearts on two pieces of toast on a platePair of fried eggs in the shape of hearts on two pieces of toast on a plate Foto: Getty Images/iStockphoto/PeskyMonkey


Telur memang memiliki ukuran yang kecil namun nutrisi yang dikandung sangatlah banyak. Makan telur saat sarapan bahkan bisa memenuhi berbagai kebutuhan nutrisi harian tubuh. Satu butir telur rebus mengandung sekitar 77 kalori.

Selain kalori, telur juga mengandung vitamin A, folat, fosgor, selenium, kalsium, protein hingga lemak sehat. "Telur adalah sumber protein yang baik. Telur juga mengandung lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung dan merupakan sumber nutrisi penting, seperti vitamin B6, B12, dan vitamin D," kata Kurt Hong, profesor kedokteran klinis di Keck School of Medicine USC.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ciri Telur Infertil yang Dilarang Beredar oleh Pemerintah"
[Gambas:Video 20detik]