ADVERTISEMENT

Teh Daun Jati China Efektif Turunkan BB, Cermati Aturan Minumnya

Riska Fitria - detikFood
Selasa, 09 Agu 2022 06:00 WIB
Teh daun jati China
Foto: iStock
Jakarta -

Teh daun jati China dipercaya bisa menurunkan berat badan. Namun faktanya, teh ini adalah minuman pencahar kuat yang bisa membahayakan. Ini penjelasannya.

Banyak orang yang berjuang menurunkan berat badan dengan mengonsumsi teh diet. Yang populer ada teh hijau yang terbukti aman untuk dikonsumsi.

Manfaatnya juga bisa menurunkan berat badan, tetapi tidak secara instan. Selain itu, ada juga teh daun jati China yang efeknya bisa membuat buang air besar (BAB).

Dari BAB itulah diyakini bahwa mengonsumsi teh daun jati China bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Hal ini pun ditanggapi oleh dr Richard Lee melalui YouTubenya (13/10/21)

Baca Juga: Ampuh! 5 Minuman Rempah Alami untuk Turunkan BB dengan Cepat

Teh daun jati ChinaTeh daun jati China tidak boleh dikonsumsi lebih dari seminggu. Foto: iStock

Dr Richard Lee menjelaskan dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa teh daun jati China tidak terbukti bisa membakar lemak. Teh daun jati China hanyalah minuman pencahar kuat.

"Ini sebenarnya minuman pencahar kuat untuk memaksa buang air besar (BAB). Jadi kalau sering BAB maka tubuh kehilangan cairan," tutur dr Richard Lee.

Jika setelah mengonsumsi teh daun jati China kamu merasa berat badan turun, dapat dipastikan bahwa yang turun adalah timbangan cairan dalam tubuh bukan lemak.

"Kita kan diet pengen kurus kan dengan mengurangi lemak dalam tubuh, bukan menghilangkan cairan dalam tubuh," lanjut dr Richard Lee.

Baca Juga: 7 Minuman Penurun BB Terbaik untuk yang Makan Banyak Saat Lebaran

Teh daun jati ChinaTeh daun jati China digolongkan sebagai minuman pencahar yang menyebabkan BAB. Foto: iStock

Lebih lanjut, dr Richard Lee juga menjelaskan tentang teh daun jati China menurut penelitian yang dilakukan di Amerika. Teh daun jati China tidak boleh diminum lebih dari seminggu.

Itu karena teh daun jati China dapat merusak peristaltik usus dan dapat menyebabkan gangguan kerusakan empac. "Jadi, gak semua yang alami itu bagus ya," ujar dr Richard Lee.

Selain itu, ada efek samping yang ditimbulkan dari mengonsumsi teh daun jati China. Di antaranya bisa mengakibatkan dehidrasi serta menghilangkan ion-ion penting dalam tubuh.

Bahkan efek terparahnya bisa menyebabkan gangguan detak jantung. Dr Richard Lee menyarankan untuk menjalani diet sehat dengan menjaga pola makan harian.

Baca Juga: dr Richard Lee Ungkap Khasiat Teh Diet untuk Turunkan BB



Simak Video "Ahli Gizi Jawab soal Diet Harus Batasi Garam dan Gula"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT