ADVERTISEMENT

Pola Makan Nabi Muhammad SAW dari Sarapan hingga Makan Malam

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 03 Agu 2022 05:00 WIB
Pola makan sehat Nabi Muhammad SAW
Foto: iStock
Jakarta -

Nabi Muhammad SAW selalu menjalani pola makan sehat setiap hari. Mulai dari sarapan pagi, makan siang hingga makan malam selalu makan makanan sehat dan sederhana.

Nabi Muhammad SAW merupakan suri teladan yang baik bagi umat muslim. Beliau telah banyak mencontohkan hal-hal baik dan baik dalam kehidupan, salah satunya soal pola makan.

Nabi Muhammad SAW merupakan sosok yang sederhana. Beliau selalu makan makanan yang mudah didapat dan yang tersedia di rumahnya. Tentu saja makanan yang dipilih merupakan makanan sehat.

Mulai dari sarapan hingga makan malam, berikut 4 pola makan Nabi Muhammad SAW:

1. Minum Air Hangat di Pagi Hari

Pola makan sehat Nabi Muhammad SAWNabi Muhammad SAW memulai pagi dengan minum air putih hangat. Foto: iStock

Dr.Zaidul Akbar mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW tidak pernah makan berat di pagi hari, sebab pagi hari bukan waktu yang tepat untuk makan berat.

Dijelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW memulai pagi dengan minum air putih hangat. Menurut dr. Zaidul Akbar, minum air hangat di pagi hari dapat menyehatkan pencernaan dan melegakan pernapasan.

Selain diminum langsung, Nabi Muhammad SAW biasa mencampurkan air hangat dengan madu. Campuran itu untuk membersihkan air liur sistem pencernaan agar terbebas dari penyakit.

Baca Juga: 5 Alasan Makan Sebelum Lapar Lebih Bagus, Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

2. Makan Kurma di Waktu Dhuha

Pola makan sehat Nabi Muhammad SAWPada waktu dhuha atau waktu pagi menjelang siang, biasanya Rasulullah SAW mengonsumsi kurma. Foto: iStock

Pada waktu dhuha atau waktu pagi menjelang siang, biasanya Rasulullah SAW mengonsumsi kurma. Beliau mengonsumsi sebanyak 7 butir kurma. Jenis kurma yang dikonsumsi adalah kurma ajwa'.

Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan bahwa barang siapa yang mengonsumsi kurma sebanyak 7 butir, maka akan terlindungi dari racun.

Ini terbukti ketika ada wanita Yahudi yang hendak meracuni makanan Rasulullah SAW. Kemudian, racun yang tertelan oleh Nabi Muhammad SAW dinetralisir oleh zat-zat yang terkandung dalam kurma.



Simak Video "Bikin Laper: Icip-icip Lontong Kikil, Rujak Cingur dan Rawon"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT