3 Biji-bijian Favorit Nabi Muhammad SAW yang Kaya Khaisat Sehat

Riska Fitria - detikFood
Jumat, 20 Mei 2022 10:30 WIB
Fakta tentang barley
Foto: iStock
Jakarta -

Nabi Muhammad SAW memiliki pola makan yang sehat. Beliau selalu mengonsumsi makanan kaya nutrisi termasuk 3 biji-bijian yang menyehatkan ini.

Soal pola makan, Nabi Muhammad SAW sangatlah sederhana. Beliau hanya mengonsumsi makanan sederhana, yang mudah ditemukan dan tentunya kaya nutrisi.

Mulai dari buah, sayur dan biji-bijian atau kacang-kacangan. Ada beberapa makanan favorit Nabi Muhammad SAW yang terbuat dari biji atau kacang-kacangan.

Selain rasanya yang enak, makanan tersebut juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaatnya itu bahkan terbukti secara ilmiah.

Berikut 3 makanan favorit Nabi Muhammad SAW dari biji dan kacang-kacangan:

1. Barley

Fakta tentang barleyNabi Muhammad SAW sangat menyukai makan barley Foto: iStock

Nabi Muhammad SAW sangat menyukai makan barley atau yang lebih dikenal dengan sebutan jali-jali. Jal-jali merupakan sejenis biji-bijian dari keluarga serealia.

Biasanya Nabi Muhammad SAW mengonsumsi olahan barley seperti sereal, salad, teh hingga jadi pengganti nasi. Anjuran makan barley bahkan pernah disebut dalam hadis.

Secara ilmiah, barley telah dibuktikan dapat memberikan banyak manfaat. Barley memiliki sifat prebiotik hingga membantu meredakan peradangan.

Baca Juga: 5 Fakta Barley, Biji-bijian Favorit Rasulullah SAW yang Kaya Nutrisi

2. Tharid

Nabi Muhammad SAW pernah menyebutkan bahwa dirinya suka mengonsumsi tharid. Tharid adalah masakan kaldu dengan bahan utama berupa kacang.

Jenis kacang yang digunakan adalah chickpea atau dalam bahasa Arab dikenal dengan sebutan Himmis. Hal ini pernah disebutkan dalam sebuah hadis shahih al-Bukhari.

"Sama sepertitharid yang lebih sedap ketimbang semua jenis masakan, begitu pula Fatimah yang lebih hebat dibandingkan semua perempuan,".



Simak Video "Melihat Kinerja Crover, Robot Penggali Biji-bijian "
[Gambas:Video 20detik]