5 Alasan Makan Sebelum Lapar Lebih Bagus, Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

Riska Fitria - detikFood
Minggu, 12 Jun 2022 05:00 WIB
Alasan Makan Sebelum Lapar Lebih Bagus
Foto: iStock
Jakarta -

Nabi Muhammad SAW menganjurkan pola makan yang sehat yaitu dengan makan sebelum lapar. Ternyata, kebaikan di balik pola makan itu bisa dijelaskan secara ilmiah.

Dalam ajarannya, Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa pola makan yang sehat adalah makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Pola makan ini dapat memberikan manfaat kesehatan.

Bahkan pola makan itu selalu diterapkan oleh Nabi Muhammad SAW setiap hari. Tak sekadar anjuran, pola makan tersebut ternyata juga terbukti manfaatnya dan bisa dijelaskan secara ilmiah.

Dijelaskan bahwa ada alasan mengapa kamu sebaiknya makan sebelum lapar. Dikutip dari Brightside, berikut 5 penjelasan ilmiah tersebut:

1. Menyebabkan Makan Berlebihan

Alasan Makan Sebelum Lapar Lebih BagusAlasan Makan Sebelum Lapar Lebih Bagus Foto: iStock

Orang yang melewatkan waktu makan atau makan tidak teratur sering kali menyebabkan makan jadi berlebihan. Biasanya itu untuk menebus waktu makan mereka yang terlewat.

Sementara itu, tubuh manusia membutuhkan nutrisi yang stabil setiap 3-4 jam untuk mencegah perlambatan metabolisme dan penurunan energi yang kemudian menyebabkan ngidam makan berlebih.

Semakin lama waktu makan yang terlewat, maka akan semakin rendah kadar gula dalam darah. Kondisi ini membuat tubuh membutuhkan gula dalam makanan.

Baca Juga: Sebaiknya Tetap Sarapan Meskipun Tidak Lapar, Ini Kata Ahli Diet

2. Tidak Membantu Menurunkan Berat Badan

Alasan Makan Sebelum Lapar Lebih BagusAlasan Makan Sebelum Lapar Lebih Bagus Foto: iStock

Banyak yang beranggapan bahwa jika mereka kelaparan akan membantu menurunkan berat badan. Faktanya, jika kamu tidak cukup mengasup nutrisi harian akan mengganggu kesehatan.

Makan terlalu sedikit kalori dapat memicu beberapa gangguan kesehatan. Seperti menyebabkan penumpukan lemak dan membakar lebih sedikit kalori. Kondisi menyulitkan penurunan berat badan.