ADVERTISEMENT

Peneliti Ini Perkenalkan Pola Diet SEAT yang Paling Mudah dan Sederhana

Sonia Basoni - detikFood
Rabu, 03 Agu 2022 07:00 WIB
Woman refuses to eat junk food . Healthy eating and active lifestyle concept
Foto: Thinkstock
Jakarta -

Tak terhitung jumlah metode diet yang dilakukan orang. Tapi peneliti ini sebutkan tips diet yang paling mudah dan sederhana.

Menurunkan berat badan bisa menggunakan berbagai mode diet yang sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh. Seperti peneliti ini yang jelaskan tentang konsep 'longevity diet' atau diet panjang umur.

Dilansir dari DailyMailUK (01/08), konsep diet panjang umur ini dijelaskan oleh Andrew Jenkinson, ahli bedah bariatrik sekaligus penulis buku 'Why We Eat (Too Much)'.

Baca Juga:5 Tips Mudah Jaga Berat Badan Setelah Berhasil Diet" selengkapnya


Menurutnya tingkat insulin yang tinggi sering mempengaruhi leptin, hormon yang memberitahu otak bahwa tubuh sudah kenyang. Tapi seringkali tingkat insulin yang tinggi ini bisa sangat berlebihan, sehingga ia memperkenalkan konsep diet yang paling sederhana yaitu SEAT.

SEAT merupakan kepanjangan dari Stop Eating All The Time, atau artinya berhenti makan sepanjang waktu. Menurut Andrew, orang yang mau diet sebenarnya tak perlu pusing menghitung kalori, atau membeli makanan khusus untuk diet.

Karena semuanya berada di dalam otak. Cukup dengan menasehati diri sendiri untuk berhenti makan sepanjang waktu, setiap kali kita akan ngemil atau menyantap makanan yang tinggi gula dan kalori.

5 Fakta Diet Asia yang Bisa Turunkan Berat Badan Lebih CepatTurunkan Berat Badan Lebih Cepat Foto: Getty Images/iStockphoto/agrobacter

Meski terdengar sepele, tapi menurut Andrew hal sederhana ini cukup efektif. Karena pemikiran kita bisa menjadi senjata kesehatan yang efektif.

Bukan berarti orang-orang harus berhenti mengonsumsi makanan apapun selama diet. Andrew menekankan, bahwa orang-orang harus berhenti ngemil atau makan ketika mereka sedang tidak lapar. Faktor ini biasanya dipengaruhi rasa bosan hingga stress.

Karena sebenarnya yang menentukan keberhasilan diet itu bukan metode dietnya, melainkan mindset atau pola pikir kita tentang makanan.

Hal tersebut juga diamin oleh Dokter Jason Fung yang menulis buku tentang obesitas dan penurunan berat badan. Menurutnya pola pikir seseorang perlu diubah untuk keberhasilan diet.

Contohnya dengan diet pakai metode puasa. Jika orang tersebut merasa ingin berat badannya cepat turun, makan jam atau waktu puasanya lebih banyak. Begitu juga makan saat liburan, banyak dan sedikitnya porsi yang mengatur adalah mindset dan otak kita.

"Banyak orang yang berpikir bahwa mereka akan capek dan lelah jika tidak makan, padahal di praktiknya tidak sepenuhnya benar. Dengan puasa justru menaikkan energi dan konsentrasi. Karena selama berpuasa, tubuh mengeluarkan senyawa nonradrenaline, yang membuat orang lebih banyak energi dan fokus," ungkap Dokter Jason.

Jadi tips diet yang sangat mudah dan sederhana adalah dengan mengontrol otak untuk berhenti makan sepanjang waktu, jika dirasa tidak terlalu lapar atau hanya untuk mengisi waktu semata.

Ngemil tetap diperbolehkan, selama camilannya sehat dan bukan makanan olahan yang mengandung banyak lemak, garam hingga gula karena akan memperlambat proses diet.

Baca Juga: 5 Tips Diet Mudah dari Ahli Gizi Dunia, Bisa Ditiru di Rumah!" selengkapnya



Simak Video "Bikin Laper: Icip-icip Lontong Kikil, Rujak Cingur dan Rawon"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT