ADVERTISEMENT

5 Cara Sehat Kendalikan Nafsu Makan Tinggi Ini Diungkap Ahli Gizi

Atiqa Rana - detikFood
Minggu, 31 Jul 2022 06:00 WIB
Cara mengendalikan nafsu makan menurut ahli gizi
Foto: Getty Images
Jakarta -

Nafsu makan yang tinggi dan tak terkendali bisa membahayakan kesehatan. Untuk mengelolanya, coba 5 cara ini yang telah disetujui oleh para ahli gizi ini.

Dalam kondisi tertentu, seseorang bisa memiliki nafsu makan yang tidak terkendali. Nafsu makan yang tinggi akan mengarahkan seseorang untuk makan secara terus-menerus. Pada malam hari sekalipun, beberapa orang bisa mencari makanan untuk dicemil.

Pilihan makanannya pun bukan makanan sehat. Mereka akan lebih memilih makanan dengan gula tinggi atau makanan tak sehat lainnya seperti donat, cokelat, permen, hingga minuman manis.

Kondisi seperti ini tentunya tidak baik bagi kesehatan. Dalam kasus terparah bahkan bisa menyebabkan banyak penyakit berbahaya.

Untuk itu, seseorang diwajibkan untuk menjaga pola makan yang sehat. Para peneliti menemukan bahwa mempertahankan kadar gula darah yang stabil adalah salah satu kunci agar kamu merasa puas ketika makan.

Merangkum sportingnews.com (25/07), inilah 5 cara terbaik mengendalikan nafsu makan tinggi seperti diungkap ahli gizi:

1. Tetap Terhidrasi

Cara mengendalikan nafsu makan menurut ahli giziDalam kondisi apapun, tubuh sebaiknya tetap harus terhidrasi. Foto: Getty Images

Dalam kondisi apapun, tubuh tetap harus terhidrasi. Studi mengkonfirmasi bahwa orang sering salah mengira rasa haus sebagai rasa lapar. Tetapi tubuh lebih cenderung mengasosiasikan rasa 'ngidam' itu dengan keinginan makan daripada keinginan untuk minum.

Jika memang perut terasa lapar di antara waktu makan, kamu bisa mengatasinya dengan minum segelas air atau minuman bebas kafein yang mampu mengekang keinginan untuk ngemil. Jika sudah minum segelas air putih, sebaiknya menunggu 10 menit untuk mengetahui apakah rasa lapar berlanjut atau tidak.

2. Jangan Tinggalkan Sarapan

Banyak orang tidak sarapan dengan alasan tertentu, padahal waktu makan ini penting untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Dari banyaknya perdebatan, ahli gizi Dr Elisabeth Phillips yakin bahwa sarapan akan sangat membantu dalam mencegah keinginan makan sepanjang hari.

Dr Elisabeth juga mengungkap bahwa sarapan menjadi hal penting untuk menyeimbangkan gula darah dan mencegah seseorang dari nafsu makan berlebih di siang harinya.



Simak Video "Bersama Ensure Membuat Olahan Dasar Cokelat yang Sehat "
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT