ADVERTISEMENT

Penderita Darah Tinggi Sebaiknya Sering Konsumsi Cokelat, Ini Sebabnya

Yenny Mustika Sari - detikFood
Kamis, 28 Jul 2022 07:00 WIB
Chocolate background. Many pieces of chocolate, candies, cookies, biscuits, cakes and other sweets. Milk chocolate and dark chocolate. coconut candy
Foto: iStock
Jakarta -

Pola makan sehat harus diterapkan agar tekanan darah tinggi terkontrol. Bisa dengan mengonsumsi cokelat yang bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah.

Penyakit darah tinggi mengacu pada kesehatan jantung manusia. Oleh karenanya, dianjurkan untuk mengikuti pola makan sehat.

Dilansir dari The Sun (26/7), salah satu jenis makanan yang dapat dikonsumsi adalah cokelat. Karena cokelat memiliki kandungan nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan jantung, terutama bagi penderita darah tinggi.

Diketahui kalau kakao mengandung zat antioksidan yang tinggi berupa flavanol. Kandungan ini dapat membantu dalam melonggarkan arteri dan pembuluh darah sehingga tidak memicu tekanan darah.

Dark Chocolate with Chunks on Wood TableDark Chocolate with Chunks on Wood Table Foto: iStock

Baca Juga: Racikan Kopi Campur Santan yang Creamy Gurih Ini Mudah Dibuat

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Surrey menjelaskan kalau orang yang mengonsumsi suplemen dengan kandungan utama kakao akan memiliki tekanan darah yang lebih rendah dan pembuluh darah lebih lebar dalam kurun waktu 3 jam.

"Dampak positif flavanol kakao pada sistem kardiovaskular kita tidak dapat disangkal," ujar Profesor Christian Heis, penulis studi tersebut.

Heis juga mengatakan kalau rata-rata manusia mengonsumsi flavanols dengan takaran 3 kali lebih rendah dari yang dianjurkan. Maka ia merekomendasikan untuk mengonsumsi flavanols yang dapat ditemui pada cokelat lebih banyak agar manfaatnya lebih cepay dirasakan tubuh.

Baca Juga: Cicipi Nasi Kucing Angkringan, Mahasiswa Korea Ini Beri Rating 100

Stack of dark chocolate bars with cocoa powder used for baking lies on top of a kitchen counter ready to be chopped and melted into a dessert.  Food preparation. No people.Stack of dark chocolate bars with cocoa powder used for baking lies on top of a kitchen counter ready to be chopped and melted into a dessert. Food preparation. No people. Foto: Istimewa

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Nutrition, mengamati bahwa 11 orang bergantian mengonsumsi cokelat setiap harinya. Hasilnya ditemukan tekanan darah lebih rendah bagi mereka yang rutin mengonsumsi cokelat.

Selain itu, mengonsumsi cokelat secara rutin juga membantu pembuluh darah dapat bekerja lebih baik. Karenanya risiko penyakit darah tinggi dapat dihindari.

Mengutip dari CVG Cares (23/7), jenis cokelat yang baik dikonsumsi adalah cokelat hitam atau dari chocolate. Kamu bisa menjadikan cokelat hitam sebagai camilan untuk asupan kakao lebih tinggi dalam tubuh. Flavonoid dalam cokelat hitam telah ditemukan untuk menghasilkan oksida nitrat, yang menyebabkan pembuluh darah rileks dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: 5 Toko Kue di Tangsel Ini Punya Roti Pisang Cokelat dan Srikaya Enak



Simak Video "Masak Masak: Susu Cokelat Hangat dengan Marshmallow"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT