ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Ini Jenis Kopi yang Baik Dikonsumsi untuk Kesehatan Usus

Yenny Mustika Sari - detikFood
Senin, 25 Jul 2022 07:30 WIB
4 Tips Meracik Cold Brew ala Starbucks, Mudah Dibuat di Rumah!
Foto: Getty Images/iStockphoto/Suphansa Subruayying
Jakarta -

Bagi orang yang memiliki masalah kesehatan usus, minum kopi biasanya dihindari. Menurut ahli diet, ada jenis kopi yang aman dikonsumsi untuk kesehatan usus.

Kopi merupakan minuman favorit banyak orang dan sudah masuk ke dalam gaya hidup. Jenis kopi yang umum dikonsumsi juga sangat beragam.

Kalau ingin tetap sehat dan manfaat kopi dapat terasa, banyak orang memiliki kopi hitam tanpa gulai. Karena kopi hitam mengandung zat antioksidan yang tinggi.

Baca Juga: 6 Tahun Kerja Serabutan, Sarjana Ini Akhirnya Pilih Jualan Es Serut

Serupa tapi Tak Sama! Ini 5 Perbedaan Es Kopi dan Cold Brewcold brew Foto: Getty Images/iStockphoto

Kopi dikenal memiliki rasa yang pahit, namun ada sensasi asam ketika menyesapnya. Cita rasa asam inilah yang membuat konsumsi kopi dihindari oleh sebagian orang, terutama mereka yang memiliki masalah pada kesehatan pencernaan seperti GERD atau tukak lambung.

Dilansir dari Well and Good (22/7), ahli diet Amanda Sauceda menjelaskan jika ada kopi yang baik dikonsumsi untuk penderita masalah kesehatan usus. Seperti jenis kopi yang diseduh dingin atau cold brew yang tetap membuat nyaman pencernaan.

"Untuk penderita refluks asam, saya menyarankan agar mencoba minuman kopi yang dingin untuk melihat apakah mereka mentolerirnya dengan baik," ujar Sauceda.

Baca Juga: Laris Banget! 5 Nasi Uduk Lauk Komplet Ini Tersembunyi dalam Gang

"Cold brew bisa memiliki tingkat keasaman lebih rendah karena proses penyeduhannya memakai air dingin. Jadi minuman dingin bisa lebih lembut untuk diminum dibandingkan kopi seduh panas," lanjutnya.

Serupa tapi Tak Sama! Ini 5 Perbedaan Es Kopi dan Cold Brewcold brew Foto: Getty Images/iStockphoto

Tingkat keasaman kopi ternyata tak hanya dapat dilihat dari cara menyeduhnya, tapi proses menyangrai biji kopi juga bisa menjadi faktor penentunya. Penelitian menunjukkan bahwa semakin gelap sangraiannya (dark roast), semakin sedikit kandungan asam pada kopi.

Kopi cold brew sudah banyak ditemui di beberapa coffee shop ternama. Kalau ingin membuatnya sendiri di rumah juga sangat mudah dipraktekkan.

Baca Juga: Cara Membuat Kopi Cold Brew Sederhana di Rumah



Simak Video "Berawal dari Hobi Gowes, Sekalian Usaha Kopi Pakai Sepeda"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT