ADVERTISEMENT

Meskipun Disebut Sehat, Konsumsi 7 Makanan Ini Sebaiknya Dibatasi

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 23 Jul 2022 06:00 WIB
Meskipun Disebut Sehat, Konsumsi 7 Makanan Ini Sebaiknya Dibatasi
Foto: Getty Images/iStockphoto/Professor25

4. Soda diet

Rasa minuman soda yang menyegarkan tetapi tak sehat membuat banyak orang beralih mengonsumsi soda diet. Faktanya kedua minuman ini tidak memiliki perbedaan yang cukup jauh dan sama-sama mengandung gula yang tinggi.

Soda diet tidak sesehat seperti yang dipercaya oleh kebanyakan orang. Soda diet disebut sebagai minuman diet hanya karena kadar kalorinya yang rendah. Padahal konsumsi soda diet tetap menyebabkan penyerapan kalsium dan mengganggu kesehatan tulang.

5. Saus tomat

Selain saus sambal yang pedas, bagi mereka yang kurang menyukai rasa pedas biasanya akan beralih kepada saus tomat. Salah satu saus yang sering disajikan sebagai pelengkap ini ternyata sangat tidak sehat dan tidak direkomendasikan oleh ahli gizi untuk dikonsumsi secara rutin.

Saus tomat disebutkan mengandung gula dan garam yang tinggi serta berbagai bahan pengawet yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Konsumsi saus tomat bahkan diungkapkan memiliki kaitannya dengan obesitas hingga diabetes.

Meskipun Disebut Sehat, Konsumsi 7 Makanan Ini Sebaiknya DibatasiSering dinilai sehat ternyata sereal justru menjadi menjadi menu sarapan yang buruk. Foto: Getty Images/iStockphoto/Professor25

6. Sereal

Menjadi menu sarapan yang paling sederhana, sereal dianggap cukup sehat untuk disantap sebagai makanan pertama bagi tubuh. Faktanya kandungan nutrisi di dalam sekotak sereal tidak bisa dibilang sebagai makanan yang sehat.

Sereal mengandung gula dan bahan pengawet yang sangat tinggi. Menurut banyak penelitian, menu sarapan harusnya diisi dengan makanan tinggi protein yang tidak bisa dipenuhi dari semangkuk sereal dengan susu.

7. Yogurt dengan perisa

Yogurt seolah sudah dianggap sebagai camilan sehat yang bisa dikonsumsi setiap saat. Hal ini bisa sebagian benar dan sebagian salah. Yogurt bisa dikatakan sebagai makanan sehat jika tidak ditambahkan perisa ke dalamnya.

Yogurt yang ditambahkan perisa ke dalamnya sebenarnya mengalami penambahan kadar gula yang perlu diwaspadai dan membuatnya menjadi tidak sehat. Penambahan gula, perisa hingga bahan pengawet membuat manfaat nutrisi dari yogurt bisa berkurang.



Simak Video "Menikmati Roti Jadul Legendaris Tahun 70-an, Bikin Nostalgia Masa Kecil"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT