ADVERTISEMENT

Viral di Tiktok, Kenali 7 Khasiat Sehat Natto untuk Otak dan Jantung

Riska Fitria - detikFood
Jumat, 22 Jul 2022 08:00 WIB
Natto
Foto: iStock
Jakarta -

Di balik tekstur berlendir dan aroma tajam, natto mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Mulai dari kesehatan otak hingga jantung.

Natto merupakan makanan asal Jepang berupa fermentasi kacang kedelai kuning. Proses fermentasi kedelai tersebut menyebabkan teksturnya jadi berlendir dan aromanya asam tajam.

Mungkin banyak orang yang terganggu melihat penampilan dan aromanya. Namun, natto di Jepang sejak lama dikenal sebagai makanan menyehatkan. Natto mengandung probiotik dan nutrisi lainnya.

Mengandung vitamin K2 dan senyawa penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 7 manfaat sehat makan natto:

1. Melancarkan Pencernaan

NattoNatto kaya akan probiotik yang baik untuk kesehatan usus Foto: iStock

Natto kaya akan probiotik yang baik untuk kesehatan usus. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah studi yang menemukan bahwa bakteri baik pada natto bisa melancarkan pencernaan.

Bakteri tersebut adalah Bacillus Subtilis yang bisa mengobati peradangan mukosa di usus besar. Selain itu, fermentasi pada natto bisa mengurangi kadar antinutrisi.

Antinutrisi adalah senyawa yang berperan menghalangi penyerapan nutrisi tertentu, sehingga mengganggu pencernaan, lapor Stylecraze (28/06/22).

Baca Juga: 'Black Diamonds Natto', Natto Hitam yang Istimewa dan Mahal

2. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Sebuah studi yang dilakukan pada wanita premenopause menunjukkan bahwa asupan natto dapat meningkatkan pembentukan tulang. Natto mengandung vitamin K2 dalam jumlah yang tinggi.

Selain itu, makan natto bagi wanita pasca menopause bisa meningkatkan kepadatan mineral tulang dan mencegah perkembangkan osteoporosis.

3. Meningkatkan Imunitas

NattoBakteri Bacillus Subtilis pada natto juga bisa merangsang sistem kekebalan dan melindungi tubuh dari penyakit Foto: iStock

Bakteri Bacillus Subtilis pada natto juga bisa merangsang sistem kekebalan dan melindungi tubuh dari penyakit. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah studi.

Dalam studi tersebut dilakukan penelitian pada orang dengan usia lanjut. Ditemukan bahwa bakteri baik pada natto bagus untuk makrofrag atau sel darah putih dalam sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: 5 Fakta Natto, Fermentasi Kedelai Berlendir yang Viral di TikTok

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT