ADVERTISEMENT

5 Fakta Natto, Fermentasi Kedelai Berlendir yang Viral di TikTok

Riska Fitria - detikFood
Jumat, 01 Jul 2022 10:30 WIB
Natto
Foto: iStock
Jakarta -

Viral di TikTok tantangan makan natto, fermentasi kedelai khas Jepang yang berlendir dan beraroma menyengat. Ternyata natto punya banyak manfaat sehat.

Natto tengah menjadi tren di TikTok. Karena teksturnya yang berlendir dan aromanya menyengat membuat makan natto jadi tantangan bagi konten kreator.

Tak sedikit dari mereka yang mual, tapi ada juga yang justru doyan. Di balik aromanya yang menyengat, natto memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh.

Selain mengonsumsi, ada pula konten kreator yang memberi trik cara membuka bungkus natto dan mempraktekkan cara yang benar makan natto. Lalu, apa sebenarnya natto?

Berikut 5 fakta tentang natto dan khasiat sehatnya:

1. Terbuat dari Fermentasi Kedelai

NattoNatto adalah makanan ini terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi Foto: iStock

Natto adalah makanan khas Jepang. Makanan ini terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi. Proses fermentasi tersebut memerlukan bantuan bakteri khusus bernama bacillussubtilis.

Cara membuat natto dimulai dengan merendam kedelai selama 6-24 jam. Kemudian kedelai direbus hingga teksturnya lunak, lalu tiriskan. Selanjutnya kedelai ditaburi bakteri basillus subtilis.

Proses fermentasi yang dilakukan memakan waktu selama 24-48 jam. Kedelai itu harus disimpan di wadah berongga, lalu ditaruh di tempat yang lembab dan gelap.

Secara tradisional, masyarakat Jepang biasanya menggunakan jerami sebagai wadah pembungkus natto. Setelah itu, natto dapat dikonsumsi atau disimpan sebagai stok makanan.

Nah, proses fermentasi itulah yang menyebabkan natto lengket dan berlendir. Bakteri yang bekerja aktif pada kacang kedelai itu membuat aroma natto jadi asam tajam.

Baca Juga: Ini 5 Menu Sarapan yang Sering Dikonsumsi Orang Tertua di Dunia

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT