ADVERTISEMENT

Kopi Bisa Bantu Diet Turun BB, Begini Cara Konsumsinya

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 20 Jul 2022 07:00 WIB
Tips sehat minum kopi
Foto: iStock
Jakarta -

Minum kopi dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Termasuk membantu turunkan berat badan, asalkan kopi diseduh dengan cara benar.

Kopi merupakan minuman yang paling disukai orang di dunia. Kopi memiliki aroma dan rasa yang khas, sehingga membuat siapa saja ketagihan. Selain itu, kopi juga kaya akan sejumlah nutrisi.

Tak hanya kafein aja, kopi juga mengandung beberapa senyawa penting lainnya, seperti asam pantotenat, mangan, kalium, natrium, riboflavin dan masih banyak lagi.

Umumnya kopi diminum di pagi hari karena dirasa dapat membangkitkan energi sebelum beraktivitas. Itu memang benar. Namun, minum kopi bisa berdampak buruk jika diseduh dengan cara yang salah.

Dr Zaidul Akbar membagikan tips minum kopi yang benar agar bisa mendapatkan manfaat kesehatannya. Berikut tips tersebut.

1. Tidak Menggunakan Gula

Tips sehat minum kopiDr Zaidul Akbar menyarankan untuk minum kopi tanpa campuran gula. Foto: iStock

Dr Zaidul Akbar menyarankan untuk minum kopi tanpa campuran gula. Jadi, cukup menggunakan kopi bubuk sebanyak 1-2 sendok teh, kemudian seduh dengan air panas.

"Minum dalam keadaan pahit itu bagus. Jangan pakai gula atau susu," tutur Dr Zaidul Akbar dalam video dakwahnya (10/02/20).

Baca Juga: Dari 3 Kopi Cappucino Kemasan Populer, Mana Paling Creamy Enak?

2. Menggunakan Susu Almond

Tips sehat minum kopiKamu bisa menggunakan susu nabati seperti susu almond Foto: iStock

Jika pun ingin menambahkan susu, dr Zaidul Akbar menyarankan untuk memilih jenis susu alami. Bukan susu yang sudah diproses dengan campuran gula tambahan.

Kamu bisa menggunakan susu nabati seperti susu almond, seperti yang disarankan oleh drZaidul Akbar. Susu almond kaya akan vitamin E dan asam lemak yang baik (Omega-9).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT