Tanpa Healing, Seruput 5 Teh Ini Bisa Legakan Himpitan Stres

ADVERTISEMENT

Tanpa Healing, Seruput 5 Teh Ini Bisa Legakan Himpitan Stres

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 20 Jul 2022 05:00 WIB
Tanpa Healing, Seruput 5 Teh Ini Bisa Legakan Himpitan Stres
Foto: Getty Images/iStockphoto/MKucova
Jakarta -

Teh tidak hanya untuk menghangatkan badan semata. Ternyata beberapa teh dikatakan ahli bisa menenangkan perasaan dan himpitan stres.

Teh identik dengan seduhan herbal yang cocok untuk menenangkan sekaligus menghangatkan tubuh. Minum teh juga seringkali dianggap sebagai pengganti kopi untuk membuat tubuh lebih berenergi.

Ternyata teh tidak hanya berfungsi sebagai minuman penghangat saja. Kandungan alami di dalam teh disebutkan oleh para ahli dapat membuat tubuh merasa lebih tenang di tengah tekanan hingga membuat hati merasa lebih bahagia.

Beberapa Teh yang direkomendasikan ini juga Bisa diseduh sendiri di rumah atau dibeli di beberapa supermarket dan toko Teh online. Jika sedang merasa stres atau tertekan kamu bisa mencoba membuktikan khasiatnya.

Berikut ini 5 teh yang dapat membuat perasaan menjadi lebih bahagia menurut Well+Good (11/7):

Tanpa Healing, Seruput 5 Teh Ini Bisa Legakan Himpitan StresKaya akan antioksidan, teh hijau juga memiliki komponen L-theanine untuk memicu perasaan bahagia. Foto: Getty Images/iStockphoto/MKucova

1. Teh hijau

Teh hijau dikenal sebagai salah satu jenis teh yang tinggi kandungan antioksidan. Kadar antioksidan ya bahkan dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Selain itu teh hijau juga memiliki komponen asam amino L-theanine yang berfungsi sebagai peningkat mood atau suasana hati. "L-theanine merupakan asam amino yang dikaitkan dengan efek psikotropika terutama mengurangi untuk kecemasan dan stres," kata Daniel Amen selaku psikiatri.

Hal ini juga sesuai dengan penemuan pada sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2017. Jurnal berjudul Acta Neuropsychiatric mengungkapkan penderita depresi mengalami gangguan yang lebih ringan setelah mengonsumsi L-theanine.

2. Teh chamomile

Terbuat dari seduhan bunga chamomile, teh yang satu ini dikenal dengan efeknya yang menenangkan. Bahkan teh chamomile disebutkan memiliki efek yang mirip seperti sup ayam untuk meningkatkan imunitas.

"Teh chamomile memiliki manfaat yang sangat baik untuk relaksasi, tidur yang lebih lelap hingga meningkatkan kualitas pencernaan," ungkap Kylene Bogden selaku co-founder FWDFuel.

Manfaat teh chamomile ini bahkan disebut telah banyak dipergunakan pada berbagai pengobatan tradisional. Mulai dari pengobatan di negara Barat, China hingga kepercayaan Ayurveda ala India yang menggunakan khasiat rempah dan herbal untuk kesehatan.

Rekomendasi teh lain yang dapat menenangkan dan membuat lebih bahagia bisa dilihat pada halaman berikutnya.



Simak Video "Takaran Gula Tambahan yang Aman Dikonsumsi dalam Sehari"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT