ADVERTISEMENT

7 Makanan Enak Kaya Zat Besi Ini Bisa Memperkuat Imunitas

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 13 Jul 2022 05:00 WIB
7 Makanan Enak Kaya Zat Besi Ini Bisa Memperkuat Imunitas
Foto: Getty Images/iStockphoto/Yulia Gusterina

4. Buah kering

Walaupun sudah dikeringkan dan ukurannya tidak sebesar buah yang segar tetapi buah kering tidak kalah bernutrisi. Buah kering tetap memiliki kandungan zat besi dan vitamin C yang tinggi.

dr. Jenny Williams selaku dokter klinis menyebutkan beberapa buah kering yang disarankan misalnya seperti kismis, apricot atau buah prune. Tetapi karena kandungan gulanya yang cukup tinggi, konsumsi buah kering hanya disarankan sebanyak 1 sendok makan per hari.

5. Sayuran hijau

Sayuran-sayuran yang berwarna hijau seperti bayam disebutkan oleh dr. Williams memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Sayuran hijau juga diungkapkan mengandung vitamin C yang baik untuk dikonsumsi setiap hari.

Pengolahannya yang mudah dan rasanya yang cenderung netral membuat sayuran hijau bisa dicampurkan dalam berbagai menu makanan yang disantap setiap hari. Bahkan pada 100 gram bayam disebutkan mengandung 2,6 gram zat besi yang cocok untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

7 Makanan Enak Kaya Zat Besi Ini Bisa Memperkuat ImunitasTak hanya rasanya yang enak, telur juga memiliki kandungan zat besi yang cukup untuk tubuh. Foto: Getty Images/iStockphoto/Yulia Gusterina

6. Telur

Tidak hanya dagingnya saja, hampir semua banyak pada tubuh ayam bisa dikonsumsi dan memberikan asupan nutrisi yang baik. Termasuk telur yang dihasilkannya. Pada 100 gram telur disebutkan mengandung 1,67 zat besi yang baik untuk tubuh.

Telur yang bisa diolah dengan mudah disarankan untuk selalu ditambahkan pada setiap waktu makan. Misalnya saat sarapan, makan siang hingga makan malam. Selain itu telur juga mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin A, D, B 12 hingga folat yang diperlukan oleh tubuh.

7. Ikan

Daging ikan yang rendah lemak disebut sebagai asupan yang paling baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan otak. Ikan juga memiliki kandungan zat besi yang begitu tinggi.

Pada ikan 100 gram ikan makarel ditemukan 1,63 miligram zat besi, pada 100 gram tuna terdapat 1,02 dan pada salmon terkandung sekitar 0,25 miligram zat besi. Selain itu, berbeda dengan daging, minyak dan lemak pada ikan justru disarankan untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan omega-3 yang manfaatnya luar biasa untuk tubuh.


(dfl/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT