ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

4 Tips Meracik Cold Brew ala Starbucks, Mudah Dibuat di Rumah!

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 12 Jul 2022 08:00 WIB
4 Tips Meracik Cold Brew ala Starbucks, Mudah Dibuat di Rumah!
Foto: Getty Images/iStockphoto/Suphansa Subruayying
Jakarta -

Selain diseduh secara panas, kopi ternyata juga bisa diseduh dengan metode cold brew atau dingin. Cara ini bahkan mudah untuk ditiru di rumah layaknya di kafe Starbucks.

Ternyata dibandingkan es kopi susu biasa, ada salah satu metode penyeduhan kopi yang sering direkomendasikan oleh para barista. Metode ini dikenal sebagai metode cold brew yang penyeduhan kopinya tanpa air panas.

Menurut para barista dan pakar kopi, kopi yang dihasilkan dari metode penyeduhan Cold Brew ini sering digunakan pada kafe-kafe besar, salah satunya adalah Starbucks, gerai kopi terbesar di dunia. Starbucks disebut memiliki caranya sendiri untuk menyeduh kopi dengan metode cold brew yang khas.

Hal ini menjadi salah satu pembeda cita rasa kopi di Starbucks dengan kafe-kafe yang lain.

Tetapi cara membuat cold brew ala Starbucks ini juga disebutkan mudah untuk ditiru dan dilakukan dengan alat-alat sederhana. Tips membuat cold brew ala Starbucks ini juga direkomendasikan untuk membuat persediaan kopi di rumah. Alatnya hanya wadah kaca berukuran besar. Seperti apa ya caranya?

Berikut ini 4 langkah mudah membuat racikan cold brew ala Starbucks di rumah menurut The Kitchn (2/5):

4 Tips Meracik Cold Brew ala Starbucks, Mudah Dibuat di Rumah!Berbeda dengan seduhan kopi panas, metode cold brew membutuhkan tingkat kehalusan kopi yang spesifik. Foto: Getty Images/iStockphoto/Suphansa Subruayying

1. Gunakan hasil gilingan kopi yang tepat

Untuk menghasilkan cold brew yang tepat dibutuhkan tingkat kehalusan bubuk kopi yang spesifik. Tingkat kehalusan bubuk kopi yang paling baik untuk membuat cold brew harus kasar kira-kira seperti butiran gula.

Tingkat kehalusan kopi yang disebut coarse ini lebih baik untuk melepaskan rasa pahit secara perlahan. Jika menggunakan bubuk kopi yang halus, rasa pahit dari kopi akan terlalu cepat keluar bahkan hanya butuh waktu semalam saja.

Cold brew sendiri dikenal sebagai metode yang mengeluarkan ekstrak rasa pahit dari kopi secara perlahan dan membuat rasa aslinya lebih maksimal. Tingkat kehalusan kopi yang seperti ini bisa kamu minta ketika membeli biji kopi dengan menyebutkan tingkat gilingan coarse.

2. Perhatikan rasio antara kopi dan air

Walaupun disebutkan dapat dibuat sekaligus dalam jumlah yang banyak tetapi perbandingan antara kopi dan air untuk cold brew harus diperhatikan. Jika menginginkan hasil rasa kopi yang seimbang, tidak terlalu pekat dan tidak terlalu encer sebaiknya jangan menggunakan rasio yang sembarangan.

Pada takaran umumnya untuk membuat cold brew dibutuhkan perbandingan antara air dan kopi 6:1. Artinya jika ingin menyeduh sekitar 28 gram kamu bisa menggunakan takaran air sebanyak 128 ml air dingin.

Tips membuat cold brew ala Starbucks di rumah lainnya bisa dilihat pada halaman berikutnya.



Simak Video "Kenapa Starbucks Kalengan Harganya Jauh Lebih Murah?"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT