ADVERTISEMENT

7 Makanan Enak Kaya Zat Besi Ini Bisa Memperkuat Imunitas

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 13 Jul 2022 05:00 WIB
7 Makanan Enak Kaya Zat Besi Ini Bisa Memperkuat Imunitas
Foto: Getty Images/iStockphoto/Yulia Gusterina
Jakarta -

Penyebaran virus masih menjadi momok yang menakutkan. Konsumsi tujuh makanan tinggi zat besi ini bisa bikin sehat dan imunitas jadi lebih kuat.

Walaupun penyebarannya sudah mulai melambat, tetapi pandemi masih belum menjadi endemi. Pada tahap peralihan ini ancaman virus masih wajib diwaspadai.

Mengonsumsi makanan yang sehat dan memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari wajib terus dilakukan jika tak ingin jatuh sakit. Salah satunya adalah mencukupi kebutuhan zat besi tubuh.

Zat besi dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kekebalan atau imunitas tetap kuat melawan serangan virus dan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Asupan zat besi ternyata bisa dipenuhi dengan mengonsumsi makanan enak dan sehat seperti pada daftar ini.

Berikut ini 7 makanan kaya zat besi yang disarankan untuk memperkuat imunitas menurut Live Science (9/7):

7 Makanan Enak Kaya Zat Besi Ini Bisa Memperkuat ImunitasSelain tinggi akan kandungan proteinnya, kacang-kacangan juga kaya akan zat besi. Foto: Getty Images/iStockphoto/Yulia Gusterina

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan disebutkan sebagai bahan makanan nabati yang tinggi akan kandungan zat besi, protein dan berbagai vitamin serta mineral lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Kacang-kacangan kalengan atau yang dikeringkan juga disarankan untuk disimpan sebagai persediaan di rumah.

Kacang-kacangan disebutkan sebagai bahan makanan nabati yang tinggi akan kandungan zat besi, protein dan berbagai vitamin serta mineral lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Kacang-kacangan kalengan atau yang kering juga disarankan untuk disimpan sebagai persediaan di rumah.

2. Daging merah

Daging merah memiliki kandungan zat besi hewani yang paling mudah diserap oleh tubuh. Pada 100 gram steak daging sapi disebutkan mengandung zat besi mencapai 3,5 milligram.

Sedangkan untuk daging domba kadar zat besinya 1,55 miligram untuk sajian seberat 100 gram. Walaupun seringkali dinilai sebagai salah satu yang mengganggu kesehatan kardiovaskular, daging masih tergolong aman jika dikonsumsi tak lebih dari 350 gram per minggu.

3. Hati

Tidak menjadi bagian yang banyak digemari, hati hewan ternyata punya kandungan zat besi yang begitu tinggi. Konsumsi hati hewan secara rutin bahkan disarankan untuk orang-orang yang memiliki keluhan anemia.

Hal ini lantaran pada 100 gram hati angsa bisa memenuhi hingga 30,5 miligram zat besi dan 100 gram hati ayam mengandung 8,66 miligram zat besi. Pengolahannya yang mudah membuat hati hewan juga direkomendasikan untuk selalu ditambahkan pada menu makan.

Baca juga: Tamu di Acara Pernikahan Ini Disebut Egois Gegara Alergi Makanan

Makanan tinggi zat besi yang direkomendasikan lainnya bisa dilihat pada halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT