ADVERTISEMENT

Menggoreng dengan Air Fryer Lebih Sehat Tapi Ada Efek Sampingnya

Riska Fitria - detikFood
Selasa, 12 Jul 2022 14:30 WIB
Tips menggunakan air fryer agar hasilnya maksimal
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Air fryer jadi alat masak praktis yang sedang populer. Selain menyingkat waktu, ada juga efek dari pengguna air fryer untuk menggoreng makanan.

Air fryer adalah alat masak untuk menggoreng berbagai makanan tanpa menggunakan atau hanya memakai sedikit minyak. Uap panas akan membantu proses menggoreng atau memasak makanan.

Karena tanpa menggunakan minyak, makanan yang dimasak menggunakan air fryer dinilai lebih sehat. Meskipun begitu, tidak semua bahan makanan bisa dimasak menggunakan air fryer.

Menggoreng dengan air fryer memang lebih menyehatkan karena sedikit memakai minyak, tetapi juga ada efek negatifnya. Berikut beberapa fakta yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Minim Lemak dan Kalori

Di tengah kelangkaan minyak goreng, Mito hadir beri solusi cerdas dengan produk teranyarnya Air Fryer, menggoreng tanpa minyak dan tentunya sehat.Kelangkaan dan masih mahalnya minyak goreng ditangkap dengan cerdas produsen elektronik terkemuka, Mito. Perusahan ini mengenalkan tiga produk Air Fryer; AF 10 Digifry Grande, AF 1 Digifry, dan AF 2 GO untuk memasak tanpa minyak dan anti lengket berkat teknologi Granite Coating empat lapis.Memasak dengan air fryer bisa membantu membuat makanan menjadi lebih sehat, karena tidak menggunakan minyak Foto: Rachman_punyaFOTO

Memasak dengan air fryer bisa membantu membuat makanan menjadi lebih sehat, karena tidak menggunakan minyak tambahan apapun. Dengan begitu tidak menambah lemak berlebihan.

Lemak mengandung lebih dari dua kali lipat kalori per gramnya. Air fryer bisa jadi solusi ketika kamu ingin menikmati makanan yang renyah tanpa digoreng menggunakan minyak.

Contoh 100 gram dada ayam yang digoreng pakai minyak mengandung 13,2 gram lemak, sementara menggunakan air fryer bisa mengurangi 50 kali lebih sedikit.

Baca Juga: 9 Tips Memasak dengan Air Fryer agar Masakan Sempurna

2. Makanan Tertentu Bisa Tingkatkan Kolesterol

Memasak menggunakan air fryer memang bisa meminimalisir kandungan lemak dan kalori. Namun, itu tergantung dengan jenis makanan. Sebab ada makanan tertentu yang bisa menimbulkan kolesterol.

Contohnya saat memasak ikan pada suhu tinggi menggunakan air fryer. Ini berisiko mendorong pembentukan produk oksidasi kolesterol, dan hal ini telah dibuktikan oleh sebuah studi.

Menurut peneliti, oksidasi kolesterol dibuat karena kolesterol dalam ikan rusak selama proses memasak, sehingga kadar kolesterol tinggi dan dikaitkan dengan penyakit jantung hingga kanker.



Simak Video "Keliling Pasar Jatinegara, Ada Apa Saja Sih?"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT