Tips Memakai Air Fryer Agar Hasilnya Maksimal

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 22 Okt 2021 14:06 WIB
Tips menggunakan air fryer agar hasilnya maksimal Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Kini air fryer menjadi salah satu alat memasak favorit. Selain bisa menggoreng tanpa minyak, ada beberapa tips memakai air fryer yang perlu diperhatikan.

Air fryer, alat masak yang diidamkan banyak orang belakangan ini. Karena, air fryer menawarkan cara memasak yang praktis dan diklaim bisa memasak lebih sehat karena bisa menggoreng makanan tanpa minyak.

Selain menggoreng, air fryer juga bisa digunakan untuk memanggang. Hasil masakan tak kalah dari menggunakan wajan biasa ataupun oven. Selain itu, air fryer juga praktis karena hanya memerlukan daya listrik.

Ada beberapa tipe air fryer yang dijual di pasaran dengan harga beragam. Seperti memiliki fungsi membuat kue, menumis, memanggang, hingga dapat melumerkan makanan beku. Ada juga tipe air fryer yang memiliki thermostat yaitu tools otomatis yang akan menghentikan proses memasak setelah matang.

Dilansir dari Cooking Light (28/9), berikut ini 5 tips memakai air fryer agar hasilnya maksimal.

1. Memasak Protein Nabati

Tips menggunakan air fryer agar hasilnya maksimalTips menggunakan air fryer agar hasilnya maksimal Foto: Getty Images/iStockphoto

Sejauh ini, air fryer banyak digunakan untuk menggoreng protein hewani. Seperti daging ayam, daging sapi, ikan, hingga beragam jenis seafood. Walaupun tanpa minyak, namun hasil masakannya tetap garing seperti menggoreng makanan pada umumnya.

Ternyata, air fryer juga memiliki fungsi yang sama untuk memasak protein nabati. Kamu bisa menggoreng protein nabati seperti tahu, tempe, dan lainnya tanpa menggunakan minyak. Tahu yang lembut akan menjadi renyah, walaupun digoreng tanpa minyak.

"Makanan plant-based yang bisa dimasak pakai air fryer adalah tahu. Kalau kamu tidak menyukai tekstur tahu yang lembut, dengan air fryer kamu bisa membuat teksturnya berubah renyah dan enak tanpa harus digoreng dalam minyak yang banyak," kata ahli diet Ginger Hultin.

Hultin juga merekomendasikan untuk merendam tahu dengan bumbu terlebih dahulu. Seperti d kecap asin, cuka beras, bawang putih, dan bubuk cabai. "Marinasi tahu di dalam saus, tapi saat memasukkannya ke dalam air fryer pastika untuk meniriskannya terlebih dahulu," ujarnya.

Baca Juga: Gurih Mantap! Ayam Goreng Taiwan ala Shihlin Ini Harganya Rp 15 Ribuan

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Menjajal Sate Taichan Terenak di Cengkareng"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com