9 Tips Memasak dengan Air Fryer agar Masakan Sempurna

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 02 Mar 2021 13:00 WIB
Benarkah Masak dengan Air Fryer Lebih Sehat? Foto: Getty Images/iStockphoto/4kodiak
Jakarta -

Air fryer semakin digemari karena menawarkan cara menggoreng praktis tanpa minyak. Dalam penggunaannya, ada 9 tips memasak dengan air fryer seperti berikut.

Membicarakan alat dapur modern, air fryer kini banyak digunakan kaum urban. Alat dapur ini menawarkan kepraktisan dan klaim lebih sehat karena bisa menghasilkan gorengan tanpa minyak.

Air fryer memanfaatkan tekanan udara panas untuk mengubah makanan mentah menjadi makanan garing dan renyah, layaknya digoreng dalam minyak banyak. Air fryer beroperasi dengan daya listrik yang cukup tinggi.

Meski menggunakan air fryer terbilang praktis karena tinggal memasukkan bahan makanan dan memencet tombol, namun ada tips-tips yang perlu diperhatikan. Tujuannya agar bahan makanan bisa terolah dengan sempurna dan air fryer tak cepat rusak.

Dirangkum detikfood dari Today (1/3), berikut 9 tips memasak dengan air fryer yang perlu kamu tahu:

1. Jenis makanan yang sebaiknya tidak dimasak di air fryer

Makanan beku bisa diolah dengan sempurna di air fryer, mulai dari kentang goreng, nugget, sampai sosis atau bacon. Bahkan sayuranpun bisa dengan mudah dimasak dengan alat canggih ini jika kamu memang menginginkan olahan sayuran renyah.

Lebih mudah untuk mengungkap jenis makanan yang tidak bisa dimasak di air fryer. Hindari makanan yang dilapisi tepung basah karena tepung mungkin berakhir lengket di air fryer dan hasil masakan nantinya tidak renyah. Hindari juga memasak makanan yang dilapisi tepung roti.

2. Letakkan air fryer di tempat yang tepat

Air Fryer Risiko Kesehatannya Sama Seperti Menggoreng Pakai MinyakFoto: Getty Images/iStockphoto/mtreasure

Tak sembarangan menaruh air fryer di dapur, ada tempat ideal sebagai posisinya. Usahakan meletakkan air fryer di permukaan yang tahan panas karena alat ini akan bekerja dengan menghasilkan panas tinggi.

Kemudian jauhkan air fryer dari alat-alat dapur elektronik lainnya. Hal ini karena udara panas yang keluar dari air fryer bisa merusak alat tersebut, misalnya microwave atau mesin kopi.

3. Panaskan air fryer sebelum digunakan

Tips memasak dengan air fryer selanjutnya adalah memanaskannya lebih dulu sebelum digunakan, layaknya oven. Luangkan waktu beberapa menit untuk memanaskan air fryer sebelum menaruh makanan ke dalam keranjang.

Cara ini memungkinkan makanan lebih renyah nantinya. Sekaligus bisa memangkas waktu beberapa menit untuk mematangkan makanan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com