ADVERTISEMENT

5 Fakta Aneh Lidah Manusia yang Jarang Diketahui Orang

Sonia Basoni - detikFood
Selasa, 05 Jul 2022 06:00 WIB
5 Fakta Aneh Lidah Manusia yang Jarang Diketahui Orang
Foto: Getty Images
Jakarta -

Lidah menjadi indera perasa manusia untuk mendeteksi rasa makanan, hingga membantu menelan makanan. Ada beberapa fakta aneh dan menarik seputar lidah manusia.

Lidah merupakan salah satu orang tubuh yang ditemui di manusia hingga hewan. Lidah manusia sangat penting karena lidah memiliki fungsi untuk membantu manusia makan, merasakan makanan sampai menelan.

Namun ternyata fungsi lidah tidak sesederhana itu. Menurut situs Listverse (01/07), ada banyak fakta aneh tentang lidah yang mungkin jarang diketahui orang.

Berikut beberapa uraian fakta tentang lidah manusia yang menarik.

Baca Juga: 7 Pola Makan Panjang Umur Ini Diungkap Orang-orang Tertua di Dunia" selengkapnya


1. Tidak Bisa Merasakan Tanpa Saliva

5 Fakta Aneh Lidah Manusia yang Jarang Diketahui Orang5 Fakta Aneh Lidah Manusia yang Jarang Diketahui Orang Foto: Getty Images

Salvia atau ludah ternyata memegang peranan penting, agar lidah bisa mengecap rasa dari makanan atau benda yang masuk. Fakta ini awalnya sulit dipercaya oleh sebagian orang.

Karenanya mereka mulai mengeringkan permukaan lidah dari saliva menggunakan tissue atau handuk. Setelah dipastikan kering, mereka kemudian memakan makanan kering seperti keripik kentang atau pretzel. Rasa makanannya tidak akan sekuat jika lidah dilapisi saliva.

Bahkan lidah tidak bisa merasakan apa-apa, jika saliva dikeringkan kemudian kita menyantap makanan asam seperti buah lemon. Rasa asam ini tidak akan terasa, sampai saliva kembali ke mulut secara natural.

2. Lidah Bisa Gemuk

Rupanya tak hanya badan saja yang bisa melebar atau menjadi gemuk. Tapi lidah juga bisa ikutan gemuk. Penyebab ini pertama kali ditemukan setelah banyak orang kesulitan mempertahankan berat badan yang ideal dan sehat.

Selain lemak biasanya menumpuk di paha, perut hingga lengan. Ternyata lidah juga memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Jadi normalnya, jika orang berat badannya naik, makan lidah mereka akan ikut membesar.

Bahkan sudah ada penelitian yang mencari kaitan antara berubahnya ukuran lidah dengan obesitas atau gangguan tidur seperti sleep anea. Semakin besar ukuran lidah, maka akan semakin sulit tubuh untuk bernafas saat tidur dan beresiko menimbulkan efek kesehatan lainnya.

3. Lidah Anak-anak Lebih Sensitif

5 Fakta Aneh Lidah Manusia yang Jarang Diketahui Orang5 Fakta Aneh Lidah Manusia yang Jarang Diketahui Orang Foto: Getty Images

Menurut situs Listverse, ternyata anak-anak memiliki indera perasa yang lebih sensitif dan kuat di lidah mereka, dibandingkan orang dewasa.

Karena itu ada banyak sekali anak yang dulu tak suka jenis makanan tertentu, namun ketika sudah dewasa mereka justru menyukai makanan tersebut. Penyebabnya karena anak-anak memiliki skala yang sama untuk indera perasa dengan orang dewasa.

Tapi ukuran lidah anak-anak jauh lebih kecil dibandingkan ukuran lidah orang dewasa. Sehingga indera pengecap mereka lebih sensitif. Dari sini muncul istilah picky eaters, atau anak-anak yang suka memilih makanan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT