ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Dokter Sekaligus Seleb TikTok Ini Sebut Minum Kopi Bisa Buat Panjang Umur

Sonia Basoni - detikFood
Senin, 04 Jul 2022 07:00 WIB
Dokter Sekaligus Seleb TikTok Ini Sebut Minum Kopi Bisa Buat Panjang Umur
Foto: DailyMailUK
Jakarta -

Terkenal di TikTok membuat dokter sekaligus ilmuwan ini sering bagikan info kesehatan. Salah satunya manfaat minum kopi yang bantu panjang umur.

TikTok kini jadi media untuk berbagi berbagai informasi, salah satunya informasi kesehatan. Banyak ahli gizi, ilmuwan hingga dokter yang berbagi informasi kesehatan via aplikasi sharing video ini.

Baca Juga: Minum Kopi Lebih Sehat dengan 6 Tips Gampang Ini" selengkapnya

Salah satunya ilmuwan sekaligus dokter ternama asal Australia yaitu Karl Kruszelnicki. Dilansir dari DailyMailUK (03/07), dia mengunggah video untuk para penggemar kopi.

Menurut ilmuwan berusia 73 tahun itu, ia menjelaskan bahwa orang-orang tidak seharusnya berhenti meminum kopi. Pernyataannya ini membuat videonya jadi viral, tapi Karl memiliki penjelasan dari sisi medis dengan bahasa yang mudah dicerna untuk pengguna TikTok.

"Lewat beberapa penelitian dan studi, ternyata kopi bisa membantu meningkatkan harapan harapan hidup seseorang. Termasuk jika Anda menderita Diabetes II dan penyakit jantung," jelas Karl.

Dokter Sekaligus Seleb TikTok Ini Sebut Minum Kopi Bisa Buat Panjang UmurDokter Sekaligus Seleb TikTok Ini Sebut Minum Kopi Bisa Buat Panjang Umur Foto: DailyMailUK

Tak berhenti hingga di sana, Karl menyebut bahwa kopi juga bisa membantu meningkatkan kesehatan, jika orang menderita kanker prostat atau kanker mulut dan kulit.

Karl menyebut kopi tak hanya sebagai minuman saja, tapi sebagai obat legal yang paling populer di dunia. Tentunya manfaat kopi ini bisa didapatkan, selama dikonsumsi dalam batas wajar dan tidak berlebihan.

"Minum 3-4 cangkir kopi sehari masih diperbolehkan. Efek kesehatan ini berlaku untuk semua jenis kopi reguler yang mengandung kafein, dan efek pada tingkat yang lebih rendah pada kopi tanpa kafein," jelasnya.

Tak hanya di TikTok, sebelumnya Karl pernah menjelaskan tentang manfaat minum beberapa cangkir kopi espresso dalam sehari.

Dokter Sekaligus Seleb TikTok Ini Sebut Minum Kopi Bisa Buat Panjang UmurDokter Sekaligus Seleb TikTok Ini Sebut Minum Kopi Bisa Buat Panjang Umur Foto: DailyMailUK

Karl menjelaskan bahwa kopi mengandung senyawa bernama kahweol dan cafestol yang bisa membantu beberapa kondisi medis. Sekaligus sebagai pelindung kanker, dan memiliki sifat anti-inflamasi.

Fakta ini didukung oleh data dari Karl yang dikumpulkan dari 28 studi berbeda. Bahwa lebih dari satu juta orang dewasa, yang meminum 3 cangkir kopi lebih dalam sehari, memiliki risiko yang lebih rendah terserang Diabetes II dibandingkan mereka yang jarang atau tidak pernah minum kopi.

"Lalu ada beberapa orang-orang yang minum kopi lebih dari 6 cangkir sehari, kemudian risiko mereka untuk terserang penyakit Diabetes II lebih rendah lagi," sambung Karl.

Sementara beberapa data penelitian lainnya menunjukkan bahwa orang-orang yang minum lebih dari lima cangkir kopi sehari, memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan kanker mulut.

Video penjelasan Karl tentang manfaat minum kopi setiap hari sudah ditonton lebih dari 300 ribu kali, dan mendapatkan ribuan likes dari penggemar kopi yang berada di TikTok.

Sebelumnya ada beberapa penelitian yang meneliti tentang efek kafein dalam kopi yang bisa menjaga kesehatan jantung dalam jurnal American Heart Association Circulation.

Baca Juga: Yuk Ngopi! Kafein dalam Kopi Terbukti Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung" selengkapnya



Simak Video "Melihat Produksi Kopi Sepoor yang Legendaris di Kota Pasuruan"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT