Yuk Ngopi! Kafein dalam Kopi Terbukti Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Devi Setya - detikFood
Jumat, 25 Feb 2022 06:00 WIB
Kopi Hitam Bikin Awet Muda dan Panjang Umur
Foto: Getty Images/iStockphoto/naramit
Jakarta -

Penyakit jantung koroner terjadi ketika timbunan lemak atau plak kolesterol menumpuk di pembuluh darah. Salah satu cara menurunkan risiko penyakit jantung dengan rutin ngopi.

Penumpukan plak atau aterosklerosis pada arteri pembuluh darah menyebabkan penyempitan dan penyumbatan yang salah satu efeknya adalah serangan jantung. Kegiatan seperti pola makan yang buruk, kebiasaan merokok, tekanan darah tinggi hingga diabetes dianggap sebagai penyebab masalah pada jantung.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah hal ini, salah satunya dengan rutin mengonsumsi kopi. Dilansir dari Medical News Today (24/2) sebuah penelitian mengungkap bahwa kafein yang terkandung dalam kopi bisa membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung.

Berikut manfaat kafein yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung:

1. Kafein mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Penelitian yang dilakukan Robert Greenfield, MD, Konsultan Lipid Emeritus di MemorialCare Heart & Vascular Institute di Orange Coast Medical Center di Fountain Valley menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kafein dalam minuman nonalkohol dalam dosis lebih besar dari 600 miligram (mg) per hari dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

"Hati memiliki kemampuan untuk membuat reseptor di permukaannya - sebut saja mereka 'tempat parkir' untuk LDL atau kolesterol 'jahat'," kata Robert.

Lebih lanjut, Robert menjelaskan "Ketika molekul LDL memutuskan untuk 'parkir' di hati kemudian menyerap kolesterol. Ketika didiamkan maka akan terjadi tumpukan kolesterol. Dengan kafein yang dikonsumsi, maka zat ini akan memproduksi zat yang disebut PCSK9."

Molekul PCSK9 ini akan menghancurkan kadar kolesterol berlebih sehingga kolesterol jahat tetap terkontrol.

drinkPangeran Philip Rutin Minum Kopi Hitam di Pagi Hari, Ini 5 Manfaat SehatnyaIlustrasi secangkir kopi hitam Foto: Getty Images/iStockphoto

2. Kafein menjaga kesehatan jantung

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Heart Association Circulation membuktikan bahwa konsumsi kopi dapat mengurangi risiko gagal jantung. Hasil penelitian ini membandingkan orang-orang yang rutin mengonsumsi kopi dengan orang yang tidak minum kopi.

Hasil penelitian menunjukkan penurunan 5 sampai 12 persen risiko gagal jantung peserta yang rutin minum kopi, dibandingkan dengan yang tidak minum kopi. Kopi yang dikonsumsi adalah jenis kopi hitam dengan kandungan kafein.

3. Antioksidan dalam kopi membantu melawan radikal bebas

Kopi bukan hanya mengandung kafein tetapi juga antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Efek dari antioksidan ini juga memberikan dampak kesehatan untuk jantung.

Antioksidan alami pada kopi dikenal sebagai polifenol. Dengan adanya polifenol dalam tubuh membantu mengurangi peradangan dan menetralisir radikal bebas.

Selain membuat jantung sehat kandungan antioksidan ini juga membantu meremajakan kulit dan mencegah penuaan. Polifenol berperan melindungi pembuluh darah dan menurunkan kolesterol jahat.



Simak Video "Berawal dari Hobi Gowes, Sekalian Usaha Kopi Pakai Sepeda"
[Gambas:Video 20detik]