ADVERTISEMENT

Bikin Lebih Berenergi! Ini 7 Manfaat Konsumsi Garam Sebelum Olahraga

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 02 Jul 2022 05:00 WIB
Bikin Lebih Berenergi! Ini 7 Manfaat Konsumsi Garam Sebelum Olahraga
Foto: Getty Images/iStockphoto/Sebalos
Jakarta -

Tidak hanya membuat makanan menjadi lezat, garam punya banyak manfaat. Salah satunya seperti manfaat ketika dikonsumsi sebelum olahraga seperti saran ahli gizi ini.

Saat menurunkan berat badan atau ingin menjaga tubuh lebih sehat tidak hanya dipengaruhi oleh asupan makanan yang tepat. Olahraga yang seimbang juga perlu dilakukan untuk membakar tumpukan lemak dan kalori yang ada di dalam tubuh.

Ternyata untuk membuat hasil olahraga lebih efektif ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Ahli gizi bernama Nidhi Nigam asal India mengungkapkan ada cara mudah untuk membuat tubuh lebih siap berolahraga.

Hanya dengan menambahkan sedikit konsumsi garam sebelum olahraga disebutkan dapat memberikan beberapa manfaat. Mulai dari meningkatkan ketahanan tubuh hingga mencegah terjadinya kram otot.

Berikut ini 7 manfaat konsumsi garam sebelum olahraga menurut Food NDTV (28/6):

Bikin Lebih Berenergi! Ini 7 Manfaat Konsumsi Garam Sebelum OlahragaGaram dapat mengikat cairan tubuh dan menjaga hidrasi tetap seimbang. Foto: Getty Images/iStockphoto/Sebalos

1. Menjaga hidrasi

Konsumsi garam sebelum berolahraga dapat membantu mengikat air di dalam tubuh. Jika selain olahraga manfaat ini dinilai dapat menyebabkan dehidrasi tetapi berbanding terbalik dengan ketika berolahraga.

Air yang diikat di dalam tubuh oleh garam justru dapat menjaga hidrasi tubuh lebih seimbang. Terutama ketika menjalani sesi olahraga yang berat manfaat garam ini akan sangat membantu menjaga hidrasi tubuh.

2. Mencegah kram otot

Ketika berolahraga sirkulasi darah akan mengalami peningkatan yang lebih tinggi. Jika tidak disiapkan dengan tepat tubuh akan lebih mudah mengalami kram.

Tetapi konsumsi garam sebelum olahraga ternyata dapat membantu meningkatkan aliran darah secara perlahan dan lebih teratur, manfaatnya dinilai lebih baik untuk mencegah kram otot. Selain itu konsumsi garam ini juga dapat meminimalisir nyeri otot setelah berolahraga.

3. Menggantikan elektrolit

Saat berkeringat terlalu banyak bukan hanya kadar air dalam tubuh yang bisa hilang. Tetapi ada komponen elektrolit yang juga akan ikut keluar bersama keringat ketika berolahraga.

Ketika mengonsumsi garam, garam akan mengikat cairan tubuh termasuk elektrolit yang belum dikeluarkan sebelum berolahraga. Sehingga ketika berolahraga cairan yang diikat oleh garam ini dapat menjadi cadangan elektrolit yang bisa dilepaskan kemudian.

Manfaat konsumsi garam sebelum olahraga lainnya bisa dilihat pada halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT