ADVERTISEMENT

Bisa Mulai Diterapkan, Ini 5 Pola Makan Ini Ampuh Cegah Diabetes

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 30 Jun 2022 06:00 WIB
Bisa Mulai Diterapkan, Ini 5 Pola Makan Ini Ampuh Cegah Diabetes
Foto: Getty Images/LinaWee

3. Kurangi asupan karbohidrat

Saat menikmati makanan tentunya ingin membuat perut merasa kenyang dengan makanan-makanan enak yang tersaji. Tetapi ada kesalahan besar yang masih banyak dan terus dilakukan oleh hampir semua orang.

Merasa ingin kenyang, beberapa orang memilih untuk memperbanyak asupan karbohidrat dalam piring makannya. Nyatanya, mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat terutama dalam satu waktu bersamaan dapat memicu lonjakan gula darah secara drastis dan inilah yang akan berbahaya bagi tubuh.

Pada proses pencernaan karbohidrat akan berubah menjadi glukosa yang kemudian akan langsung diserap oleh tubuh dan mengendap menjadi gula darah. Para pakar kesehatan menyarankan untuk memilih asupan karbohidrat yang lebih rendah kandungan indeks glikemiknya sagar lebih aman untuk gula darah terutama pada penderita diabetes.

4. Pilih makanan yang lebih sehat

Bisa Mulai Diterapkan, Ini 5 Pola Makan Ini Ampuh Cegah DiabetesMemilih makanan yang lebih sehat juga ampuh untuk menjaga kadar gula darah agar tidak melonjak. Foto: Getty Images/LinaWee

Bagi penderita diabetes menjaga pola makan untuk tetap sehat seringkali terasa begitu membosankan. Nyatanya untuk membuat makanan yang sehat juga bisa dikemas menjadi makanan yang enak dan menggugah selera.

Banyak sekali bahan-bahan makanan yang lebih sehat dapat diolah dengan cara-cara yang menyenangkan. Misalnya seperti salad, smoothie yang segar atau membuat roti gandum panggang sebagai menu sarapan.

Tidak hanya pada makanan utama, mengubah pilihan camilan menjadi yang lebih sehat juga sangat disarankan terutama bagi mereka yang sudah menderita diabetes. Salah satu cara termudah yang disebutkan adalah dengan mengubah camilan ringan menjadi camilan yang utuh seperti buah atau kacang-kacangan.

5. Pilih minuman alami

Selain pilihan makanan, pemilihan minuman juga menentukan kesehatan yang bisa didapatkan melalui pola makan. Melengkapi pada waktu makan utama hingga teman saat bersantai, memilih minuman juga wajib dilakukan secara hati-hati.

Sebisa mungkin pilih minuman yang lebih alami dan hindari minuman dengan pemanis seperti yang banyak ditemukan di kafe-kafe, misalnya. Minuman seperti teh herbal dan racikan rempah bisa menjadi alternatif yang rasanya juga tidak kalah enak dan menyegarkan.

Kandungan teh yang tinggi akan antioksidan akan memberikan khasiat yang jauh lebih baik dibandingkan minuman racikan yang manis. Teh kini juga sudah disediakan dalam berbagai racikan sehingga tidak lagi membosankan untuk dinikmati.



Simak Video "61,27% Penduduk RI Konsumsi Minuman Manis Lebih dari 1 Kali per Hari"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT