ADVERTISEMENT

Intoleransi Gluten? Ini 5 Makanan yang Harus Dipantang dan Baik Dikonsumsi

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 22 Jun 2022 08:00 WIB
Makanan yang harus dihindari dan dikonsumsi bagi para penderian intoleransi gluten.
Foto: Getty Images

3. Pasta Berbahan Dasar Gandum

Pasta adalah bahan yang sering dijadikan makanan pokok oleh beberapa orang. Meskipun ada alternatif bebas gluten, namun sebagian besar pasta tradisional masih dibuat dengan menggunakan biji-bijian atau tepung yang mengandung gluten.

Beberapa pasta yang harus dihindari seperti mie, spaghetti, pangsit, dan gnocchi yang terbuat dari tepung terigu.

4. Beberapa Makanan Ringan

Makanan yang harus dihindari dan dikonsumsi bagi para penderian intoleransi gluten.Pretzel menjadi salah satu makanan yang harus dihindari oleh mereka yang memiliki intoleransi gluten. Foto: Getty Images

Umumnya beberapa makanan ringan mengandung gluten di dalamnya. Karena itu bagi mereka yang menderita intoleransi gluten harus hati-hati terhadap camilan yang banyak dijual di pasaran.

Beberapa camilan tersebut antara lain; granola bar, protein bar, kue, pretzel, hingga permen Batangan.

5. Beberapa Minuman Tertentu

Beberapa minuman juga ada yang mengandung gluten di dalamnya. Setiap membeli produk apapun, pastikan untuk membaca label agar terhindar dari reaksi alergi.

Minuman yang mungkin mengandung gluten seperti bir, minuman kopi kalengan, campuran minuman, hingga susu coklat komersial.

Makanan yang Bisa Dikonsumsi

1. Buah dan Sayuran

Makanan yang harus dihindari dan dikonsumsi bagi para penderian intoleransi gluten.Beberapa buah dan sayuran alami tidak memiliki gluten. Dengan mengolahnya benar, makanan ini bisa dikonsumsi oleh intoleransi gluten. Foto: Getty Images

Buah dan sayuran secara alami bebas dari gluten. Namun perlu diperhatikan, beberapa olahan sayur dan buah mungkin saja bisa mengandung gluten.

Sehingga jika ingin mengonsumsi buah dan sayuran yang alami tanpa gluten, pastikan untuk mengolahnya dengan benar. Beberapa opsi sayuran dan buah yang bisa dikonsumsi antara lain; apel, alpukat, berry, pisang, bayam, kubis, brokoli, dan wortel,

2. Protein Hewani

Selain buah dan sayuran, protein hewani juga secara alami bebas dari gluten. Namun tetap harus diperhatikan cara pengolahannya.

Protein hewani seperti telur daging, ayam, dan ikan bisa menjadi opsi yang tepat bagi mereka yang memiliki intoleransi gluten.

3. Kacang-kacangan

Makanan yang harus dihindari dan dikonsumsi bagi para penderian intoleransi gluten.Berbagai jenis kacang-kacangan dan lentil seperti kacang hitam dan kacang polong terbebas dari gluten. Foto: Getty Images

Berbagai jenis kacang-kacangan dan lentil terbebas dari gluten. Itulah sebabnya makanan ini dijadikan alternatif bahan untuk membuat pasta dan produk bebas gluten lainnya. Yang termasuk kelompok ini, kacang hitam, buncis, kacang merah, dan kacang polong.

4. Beberapa Bumbu Tertentu

Ada beberapa bumbu yang yang aman dikonsumsi bagi mereka yang memiliki intoleransi gluten ataupun sedang menjalani diet bebas gluten.

Beberapa bumbu tersebut antara lain; sari cuka apel, rempah segar seperti kemangi dan rosemary, pesto, dan hummus.

5. Lemak dan Minyak Sehat

Makanan yang harus dihindari dan dikonsumsi bagi para penderian intoleransi gluten.Minyak zaitun sebagai minyak yang sehat bisa menjadi alternatif sumber makanan bagi mereka yang menderita intoleransi gluten. Foto: Getty Images

Lemak dan minyak yang sehat bisa menjadi alternatif sumber makanan bagi mereka yang menderita intoleransi gluten.

Beberapa makanan dengan lemak dan minyak sehat seperti yogurt, keju, minyak zaitun, dan minyak alpukat menjadi pilihan produk bebas gluten yang tepat.



Simak Video "Bikin Laper: Menjajal Mie Bakar Andaliman yang Nikmat"
[Gambas:Video 20detik]

(aqr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT