Ini 5 Jenis Susu Nabati yang Populer, Apakah Lebih Sehat dari Susu Sapi?

Atiqa Rana - detikFood
Senin, 20 Jun 2022 05:00 WIB
Susu non dairy
Foto: iStockphoto
Jakarta -

Saat ini banyak dijual produk susu nabati mulai dari susu almond, susu oat, hingga susu kedelai. Tetapi apakah produk susu itu lebih sehat dari susu sapi.

Susu sapi memiliki beragam manfaat bagi tubuh, terutama untuk kesehatan tulang. Susu sapi mengandung berbagai nutrisi esensial seperti vitamin A, B1,B2,B12, D, potassium hingga magnesium.

Untuk mencapai hidup yang sehat, tak sedikit dari mereka menjadikan susu sebagai minuman yang rutin dikonsumsi. Namun susu sapi atau susu dari produk hewani dihindari oleh pelaku diet. Susu sapi juga tidak cocok untuk mereka yang alami lactose intolerance

Sebagai alternatifnya, beberapa produk susu non-dairy atau susu nabati hadir dengan menawarkan khasiat yang tidak kalah dengan susu sapi. Bahkan Susu banati ini diyakini lebih sehat dibandingkan susu sapi.

Dirangkum dari timesofindia.com (29/01/2020), berikut 5 jenis susu nabati beserta manfaatnya yang tidak kalah dengan susu sapi.

1. Susu Almond

Susu non dairyDengan kandungan kalori yang lebih sedikit, tidak ada lemak jenuh atau kolesterol, susu almond bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melengkapi pola makan saat diet. Foto: iStockphoto

Susu almond telah menjadi alternatif susu nabati yang kian digemari. Susu ini berasal dari rendaman kacang almond yang dicampur dengan air sehingga teksturnya menjadi ringan, lembut, dan tetap beraroma kacang.

Susu sapi dikenal memiliki jumlah kalori yang besar dibandingkan dengan susu almond. Setiap 250 ml susu sapi memiliki kalori hingga 146. Sementara 250 ml susu almond hanya memiliki kalori sejumlah 40.

Dengan kandungan kalori yang lebih sedikit, tidak ada lemak jenuh atau kolesterol, susu almond bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melengkapi pola makan saat diet.

Tetapi protein yang dimiliki oleh susu almond sangat rendah yaitu hanya 1 gram sehingga jika ingin mengonsumsinya, pastikan diimbangi dengan asupan protein yang cukup.

Lihat juga video saat 'Susu Formula Bayi di AS Langka Akibat Kontaminasi Salmonella':

[Gambas:Video 20detik]