ADVERTISEMENT

Berhenti Merokok? 6 Makanan dan Minuman Ini Bantu Atasi Kecanduan Rokok

Atiqa Rana - detikFood
Sabtu, 18 Jun 2022 06:00 WIB
Makanan yang bantu berhentikan merokok
Foto: iStockphoto

3. Teh Ginseng

Minuman paling efektif yang dapat membantu proses berhenti merokok adalah teh ginseng. Setiap kali merokok, otak akan melepaskan dopamine atau neurotransmitter di otak yang berhubungan dengan kesenangan. Dopamine ini akan memberikan perasaan senang dan puas.

Ginseng inilah yang akan membantu mengurangi kecanduan nikotin dengan melemahkan efek dopamine. Sehingga mengonsumsi teh ginseng dapat membantu memberhentikan kecanduan merokok.

4. Teh Jahe

Makanan yang bantu berhentikan merokokJahe ternyata memiliki senyawa belerang yang akan membantu menekan keinginan untuk merokok. Foto: iStockphoto

Jahe ternyata memiliki senyawa belerang yang akan membantu menekan keinginan untuk merokok. Dengan minum teh jahe, ini akan memberikan efek relaksasi dan melawan kecanduan nikotin dalam tubuh.

Teh jahe juga diyakini dapat membantu mengatasi gejala sampingan yang terkait dengan merokok seperti pusing dan mual.

Buatlah teh jahe dengan merebus potongan jahe dalam air, lalu tambahkan sedikit madu atau gula stevia sebagai pemanis alami.

5. Kiwi

Merokok bisa menyebabkan kekurangan vitamin C dalam tubuh yang selanjutnya ini akan mengarah kepada kekebalan.

Kiwi adalah buah segar yang tidak hanya membantu menghilangkan nikotin pada tubuh tetapi juga menyimpan kadar vitamin C tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Makanlah kiwi sebagai camilan, atau bisa juga dijadikan minuman smoothie kiwi untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

6. Popcorn

Makanan yang bantu berhentikan merokokTernyata popcorn juga bisa menjadi camilan yang cocok untuk menggantikan keinginan merokok. Foto: iStockphoto

Mungkin banyak yang heran mengapa popcorn masuk ke dalam daftar makanan ini. Namun ternyata popcorn menjadi camilan yang cocok untuk menggantikan keinginan merokok.

Seseorang sering mendambakan rokok dibandingkan perutnya yang kosong. Untuk itu, popcorn akan membantu menekan dorongan ini dan menjadi camilan yang mengenyangkan.



Simak Video "Masak Masak: Bikin Tempura Telur Balado Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]

(aqr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT