ADVERTISEMENT

Lapar Tengah Malam? Ini 7 Camilan Sehat yang Tak Bikin Gendut

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Jumat, 17 Jun 2022 19:30 WIB
Lapar Tengah Malam? Ini 7 Camilan Sehat yang Tak Bikin Gendut
Foto: Getty Images/Rouzes
Jakarta -

Ngemil malam hari tidak disarankan, namun mengabaikan rasa lapar juga sebaiknya tak dilakukan. Ada solusi kamu bisa ngemil tengah malam. Syaratnya, pilih konsumsi camilan sehat seperti ini.

Saat malam, rasa lapar bisa tiba-tiba muncul sehingga membuat perut tak nyaman dan sulit tidur. Keinginan ngemil pun tak tertahankan.

Ngemil malam hari nyatanya tak selalu ide buruk, asalkan memilih jenis camilan sehat. Mengutip Reader's Digest (16/6), ahli gizi Robin Foroutan menyarankan hal ini.

"Jika kamu tahu tidak akan bisa tidur karena kelaparan, maka ngemil di malam hari bisa jadi ide bagus. Hal ini juga bagus untuk kamu yang kadar gula darahnya kerap rendah pada malam hari," kata Foroutan.

Ia menyarankan untuk ngemil dengan aturan. Aturan yang dimaksud adalah memilih camilan yang sehat dan jumlahnya yang tidak berlebih.

Berikut 7 rekomendasi camilan sehat buat tengah malam:

1. Segelas susu rendah lemak

Ahli gizi Eshani Ewing menjelaskan susu kaya asam amino bernama triptofan yang bantu memproduksi melatonin dan serotonin. Keduanya bantu tidur lebih nyenyak.

Melatonin berfungsi memberi tanda pada tubuh kalau kamu siap tidur, sedangkan serotonin bantu redakan keresahan sehingga tidur berkualitas.
Selain itu, susu juga tinggi protein yang menciptakan rasa kenyang lebih lama.

2. Segenggam kacang

Lapar Tengah Malam? Ini 7 Camilan Sehat yang Tak Bikin GendutFoto: Getty Images/Rouzes

Bagi yang sering lapar malam hari, coba stok kacang-kacangan seperti mede, walnut, atau almond. Ahli gizi Ania M. Jastreboff mengatakan kacang tinggi kandungan lemak sehat, protein, dan serat yang meningkatkan rasa kenyang saat dikonsumsi.

Bonus lainnya, kacang juga tidak tinggi kalori. Ngemil segenggam kacang di malam hari tidak memicu kenaikan berat badan.

3. Apel oles selai kacang

Camilan sehat buat tengah malam ini rasanya nikmat. Potongan apel yang renyah manis diberi olesan selai kacang. Mengonsumsinya juga bikin kamu kenyang.

Selain apel, pilihan lainnya adalah pisang. Paduan karbohidrat dengan protein pada makanan inilah yang menurut ahli gizi bagus untuk mencegah rasa lapar saat malam hari.

Rekomendasi camilan sehat tak bikin gendut masih ada di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT