ADVERTISEMENT

6 Tips Sehatkan Pencernaan, Bebas Kembung dan BAB Lancar

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 11 Jun 2022 05:00 WIB
6 Tips Sehatkan Pencernaan, Bebas Kembung dan BAB Lancar
Foto: Getty Images/whitebalance.oatt

4. Makan tiga jam sebelum tidur

Tidak hanya cara makan yang benar, pemilihan waktu makan juga penting untuk mendapatkan durasi terbaik bagi tubuh mencerna makanan yang dikonsumsi. Terutama ketika malam hari, banyak orang yang kurang menghitung jarak antara waktu makan terakhir dengan waktu tidur dengan presisi.

Jarak antara waktu makan terakhir dengan jam tidur minimal harus berkisar tiga jam. Duras ini adalah rentang terbaik untuk membiarkan makanan dicerna dari tubuh setelah masuk ke perut hingga semua nutrisinya diserap oleh usus. Sehingga ketika tubuh tidur dan beristirahat, organ pencernaan juga bisa beristirahat.

6 Tips Sehatkan Pencernaan, Bebas Kembung dan BAB LancarMakan lebih sering dinilai efektif untuk melancarkan pencernaan. Foto: Getty Images/whitebalance.oatt

5. Makan sebelum lapar

Ketika ingin menahan diri dari makan berlebihan, banyak orang yang memilih untuk menahan lapar dan makan lebih jarang. Ternyata cara ini justru kurang bagus untuk kesehatan pencernaan.

Tubuh membutuhkan asupan makanan walaupun hanya dalam jumlah yang sedikit untuk menjaga agar saluran pencernaan tetap berjalan normal. Pakar kesehatan lebih menyarankan untuk mengonsumsi makanan dalam porsi sedikit tetapi lebih sering.

6. Jalan kaki setelah makan banyak

Ketika sudah merasa sangat kenyang, banyak orang yang merasa malas bergerak dan memilih untuk bersandar atau mulai tiduran. Cara seperti ini menjadi kebiasaan terburuk yang dilakukan seseorang setelah makan.

Untuk membantu melancarkan pencernaan setelah makan, pakar kesehatan menyarankan untuk berjalan kaki ringan. Berjalan kaki secara ringan atau setidaknya membuat tubuh tetap bergerak selama 20 hingga 30 menit setelah makan dapat membantu mencegah kembung hingga konstipasi akibat pencernaan yang tidak lancar.


(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT