ADVERTISEMENT

6 Tips Sehatkan Pencernaan, Bebas Kembung dan BAB Lancar

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 11 Jun 2022 05:00 WIB
6 Tips Sehatkan Pencernaan, Bebas Kembung dan BAB Lancar
Foto: Getty Images/whitebalance.oatt
Jakarta -

Kesehatan pencernaan perlu dijaga agar terhindar dari gangguan seperti kembung hingga BAB tak lancar. Ada 6 tips sehatkan pencernaan yang mudah dilakukan. Ikuti yuk!

Menjaga kesehatan pencernaan bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan tepat. Seperti sayur-sayuran dan buah yang tinggi serat atau bahkan makanan dan minuman mengandung probiotik.

Serat yang tinggi serta probiotik yang dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus berperan penting dalam menyehatkan sistem pencernaan. Ternyata tidak hanya melalui pilihan makanan yang tepat, kebiasaan saat makan dan setelah makan juga berpengaruh banyak.

Ada beberapa kebiasaan setelah makan yang masih kerap dilakukan hingga menggangu sistem pencernaan. Menerapkan kebiasaan yang tepat seperti yang disarankan ahli diungkapkan dapat mencegah konstipasi dan saluran pencernaan menjadi lebih sehat.

Berikut ini 6 tips sehat melancarkan dan menjaga kesehatan pencernaan menurut Poosh:

6 Tips Sehatkan Pencernaan, Bebas Kembung dan BAB LancarMinum seduhan lemon dan air hangat dapat membantu perut lebih siap menerima makanan. Foto: Getty Images/whitebalance.oatt

1. Minum lemon dan air hangat

Memilih minuman yang tepat adalah kunci pencernaan sehat. Campuran perasan lemon dan air hangat bisa jadi pilihan.

Dibandingkan minum minuman manis seperti es teh atau soda, para ahli kesehatan menyarankan minuman ini. Konsumsi air hangat bertujuan untuk menenangkan otot perut sebelum makan dan asam dari lemon dapat memancing asam lambung untuk bersiap menerima makanan.

2. Rutin konsumsi pepaya

Manfaat pepaya untuk kesehatan pencernaan sudah banyak diketahui. Hal ini lantaran pepaya mengandung enzim bernama papain yang bersifat melancarkan pencernaan.

Pakar kesehatan menyarankan konsumsi pepaya setidaknya dua kali sehari. Pertama sebagai sarapan, kemudian sebagai camilan ringan di sore hari. Kandungan serat dan air yang tinggi dalam pepaya disebut sebagai bonus menguntungkan yang dapat mengatasi konstipasi dengan cepat.

3. Mengunyah dengan baik

Walaupun terdengar sederhana, tetapi banyak orang lupa mengunyah makanan hingga halus. Bukan hanya berguna untuk menghancurkan makanan, pada saat mengunyah ada kehadiran air liur yang mengandung enzim amilase dan membantu mengubah makanan menjadi glukosa.

Mengunyah makanan hingga sehalus mungkin akan membantu memudahkan organ pencernaan lain untuk mencerna pada tahap selanjutnya. Menurut penelitian yang pernah dilakukan, mengunyah makanan hingga halus dapat membuat tubuh merasa lebih cepat kenyang sehingga mencegah makan berlebih.

Tips lainnya bisa dibaca pada halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT