ADVERTISEMENT

Batasi Konsumsi 9 Makanan Ini Agar Tak Sering Jerawatan

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 09 Jun 2022 06:00 WIB
Jangan makan ini jika tidak mau jerawatan
Foto: iStock
Jakarta -

Kesehatan kulit juga harus dijaga dari asupan yang dimakan. Ada makanan yang baik untuk kesehatan kulit, ada juga yang bisa merusaknya.

Selain menjaga kesehatan kulit dari luar, konsumsi makanan yang tepat bisa menjadi kunci untuk menjaga kesehatan kulit. Sebaliknya, konsumsi makanan tak sehat juga bisa berpengaruh terhadap kondisi kulit.

Pola makan yang dilakukan setiap harinya dapat mendukung kesehatan kulit ataupun bisa merusak kulit. Komponen makanan memiliki kemampuan untuk menghidupkan atau mematikan ekspresi gen tertentu. Seseorang yang memiliki gen yang rentan terhadap jerawat, eksim, atau psoriasis, tentu saja tidak bisa sembarang mengonsumsi makanan.

Makanan yang tidak sehat bukan hanya akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh, namun secara tidak langsung, mereka juga akan berdampak buruk bagi kulit. Dilansir dari livestrong.com (05/06), suatu penelitian menunjukkan bahwa peradangan di usus akan mengirimkan sinyal ke sel-sel kekebalan kulit dan menyebabkan mereka merespon dengan cara inflamasi sehingga mengakibatkan kondisi kulit menjadi kemerahan, pembengkakan, pori-pori tersumbat, atau jerawat.

Untuk itu, beberapa makanan yang mengandung gula tinggi, lemak jenuh, karbohidrat olahan, dan beberapa kandungan berbahaya lainnya harus dihindari. Cobalah untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi dan gizi yang lebih baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Dirangkum dari livestrong (05/06), berikut adalah 9 makanan yang harus dihindari karena memiliki efek negatif bagi kulit.

1. Susu

Meskipun susu memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh, tetapi bagi sebagian orang yang sensitif pada kulitnya, susu bukanlah sumber kalsium yang tepat.

Mandolfo dan Hafar, RDN mengatakan bahwa susu dan produk susu lainnya bisa merangsang pelepasan hormon IGF-1 sehingga pada beberapa orang, produk susu ini bisa memperburuk jerawat.

Meskipun belum ada keyakinan bahwa produk susu ini mempengaruhi semua orang, tetapi penelitian saat ini menyimpulkan bahwa produk susu tertentu seperti susu skim akan memicu jerawat yang lebih besar.

2. Nasi Putih

Jangan makan ini jika tidak mau jerawatanNasi putih menyebabkan gula darah bertambah, tentunya akan mengaktifkan kelenjar minyak dan menimbulkan jerawat. Foto: iStock

Orang Indonesia memang tak bisa lepas dari nasi. Tetapi ternyata mengonsumsi nasi putih juga dapat mempengaruhi kondisi kulit karena kandungan indeks glikemik yang tinggi.

Nasi putih dapat menyebabkan gula darah bertambah, dan tentunya ini akan mengaktifkan kelenjar minyak hingga menimbulkan jerawat.

3. Daging Merah

Daging merah menjadi sumber protein dan zat besi yang sangat baik. Daging juga memiliki lemak jenuh yang cenderung tinggi.

Tetapi makan terlalu banyak bukan hanya menyebabkan kolesterol tinggi, tetapi juga akan mengacaukan kondisi kulit. Ini disebabkan lemak jenuh dalam jumlah tinggi akan meningkatkan produksi IGF-1 sehingga akan menyebabkan peradangan.

Peradangan inilah yang akan memicu masalah kulit seperti jerawat, eksim, dan psoriasis

4. Sereal Manis

Jangan makan ini jika tidak mau jerawatanSereal yang beredar sudah banyak dicampur gula dimana ini akan mengganggu keseimbangan kolagen dalam kulit. Foto: iStock

Sereal sering dikaitkan sebagai makanan sehat. Tetapi sereal yang beredar saat ini juga banyak yang sudah dicampur dengan gula.

Gula yang berlebih akan memicu kecenderungan timbulnya jerawat. Mandolfo dan Hagar juga mengatakan bahwa suatu penelitian mendukung bahwa konsumsi gula terlalu banyak dapat mengganggu keseimbangan kolagen dalam tubuh.

Kolagen menjadi protein yang penting dalam memberikan kekuatan dan elastisitas kulit. Ketika kolagen terganggu oleh gula, ini juga akan membuat kulit kurang baik dan elastis.

5. Daging Olahan

Selain daging merah, daging olahan juga harus dihindari. Ini karena daging olahan memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi dan juga kadar garam yang tinggi.

Daging olahan seperti bakso, sosis, daging asap terkadang terlalu banyak mengandung garam. Karena makanan ini dapat meningkatkan dehidrasi yang tentunya bisa menghilangkan kelembaban dari kulit.

Kadar garam tinggi juga bisa menyebabkan kembung dan retensi cairan dimana dapat menyebabkan bengkak di bawah mata.

6. Minuman Manis

Jangan makan ini jika tidak mau jerawatanMinumas manis mengandung gula yang tinggi yang mempu memberburuk jerawat. Foto: iStock

Minuman bersoda atau minuman manis lainnya seperti minuman botolan, milk tea, frappuccino, itu semua mengandung gula yang tinggi.

Minuman manis tidak hanya mengaktifkan kelenjar minyak yang akan memperburuk jerawat, tetapi juga dapat membuat kulit menua dan keriput.

Belum lagi, sering mengonsumsi minuman manis juga dikaitkan dengan penambahan berat badan, obesitas, diabetes, dan penyakit lainnya yang buruk bagi kesehatan tubuh.

7. Gorengan

Makanan yang digoreng memang memiliki tingkat kenikmatan yang lebih tinggi karena rasanya lebih gurih. Tetapi makanan ini bukanlah teman yang baik bagi kulit.

Makanan yang sering digoreng dengan minyak olahan seperti minyak sayur, berarti mengandung asam lemak omega-6 yang bersifat inflamasi. Makanan ini bukan hanya buruk bagi kesehatan kulit, namun juga bisa memicu penyakit berbahaya lainnya seperti kolesterol tinggi dan obesitas.

8. Makanan Manis

Jangan makan ini jika tidak mau jerawatanMakanan manis akan membuat kadar gula darah melonjak dan memicu timbulnya jerawat di wajah. Foto: iStock

Makanan penutup dan kue manis menghasilkan efek penambahan gula darah yang sama pada kulit seperti minuman manis.

Ketika gula darah melonjak akan menyebabkan serangkaian kejadian yang akhirnya memicu kelenjar minyak di kulit. Kulit nantinya akan memproduksi lebih banyak minyak sehingga bisa memicu pertumbuhan jerawat.

9. Roti Putih

Roti memang menjadi sumber karbohidrat yang baik, tetapi jenis roti putih adalah karbohidrat olahan yang dapat diserap dengan cepat sehingga menyebabkan gula darah meningkat.

Peningkatan gula darah ini akan mendorong timbulnya jerawat, dan berkontribusi pada glikasi kolagen yang merupakan proses serat kolagen dapat rusak atau mengeras.

Untuk menjaga kondisi kulit, konsumsilah makanan yang tinggi serat, memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Beberapa ahli percaya bahwa melakukan pola diet yang baik seperti diet Mediterania dapat membantu mematikan beberapa proses inflamasi pada kulit.



Simak Video "Bayar Rp 150 Ribu Bisa Makan Seafood Sepuasnya di Tepian Rasa! "
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT