Konsumsi 6 Makanan Ini Usai Olahraga Pagi Agar Tubuh Tetap Berenergi

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 08 Jun 2022 06:00 WIB
Makanan sehabis lari pagi
Foto: Getty Images
Jakarta -

Banyak orang sering melakukan olahraga pagi dan merasa lapar setelahnya. Agar tetap berenergi, konsumsilah 6 makanan enak ini.

Olahraga pagi menjadi kegiatan yang dilakukan banyak orang agar tubuh menjadi bugar dan sehat. Namun setelah lari pagi, energi mungkin akan terkuras hingga menimbulkan rasa lelah dan lapar. Karenanya penting untuk mengisi kembali tubuh dengan makanan bernutrisi.

Makanan yang cocok untuk dikonsumsi setelah olahraga pagi adalah makanan dengan campuran protein dan karbohidrat yang seimbang. Karena nutrisi ini akan mencegah hilangnya massa otot dan membuat tubuh tetap berenergi.

Berikut 6 makanan yang tepat untuk dikonsumsi setelah olahraga pagi, yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Pisang dan Selai Kacang

Campuran pisang dan selai kacang adalah makanan terbaik setelah olahraga pagi. Pisang adalah buah yang kaya akan karbohidrat. Dilansir dari healthline.com (20/11/2020), karbohidrat inilah yang akan membantu memindahkan gula dari darah ke sel otot dan disimpan sebagai glikogen.

Sedangkan selai kacang merupakan sumber niasin dan asam folat yang baik untuk membantu mengubah makanan menjadi energi dan vitamin E.

Karena itu pisang dan selai kacang menjadi kombinasi makanan yang tepat yang akan mengembalikan fungsi sel otot sekaligus mengembalikan energi yang hilang setelah olahraga.

2. Semangka

Makanan sehabis lari pagiBuah merah menyegarkan ini ternyata juga baik dikonsumsi setelah olahraga pagi. Ini karena semangka adalah buah berkalori rendah yang merupakan sumber sitrulin dan likopen yang baik. Foto: Getty Images

Buah merah menyegarkan ini ternyata juga baik dikonsumsi setelah olahraga pagi. Ini karena semangka adalah buah berkalori rendah yang merupakan sumber sitrulin dan likopen yang baik. Sitrulin pada semangka akan menghasilkan oksida nitrat yang akan menunda kelelahan setelah olahraga.

Kandungan air yang tinggi dalam semangka juga akan membantu tubuh terhidrasi kembali setelah berlari. Semangka dapat dimakan secara utuh, atau dicampur sebagai pelengkap salad dengan sayuran hijau.



Simak Video "Ternyata Ini Lho Perbedaan Gelato dengan Es Krim Lainnya"
[Gambas:Video 20detik]