Mau Berat Badan Turun? Biasakan Makan Terakhir Sebelum Jam 3 Sore

Sonia Basoni - detikFood
Senin, 06 Jun 2022 10:30 WIB
Pola makan sehat
Foto: Getty Images/iStockphoto/Farknot_Architect
Jakarta -

Menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan beberapa cara. Seperti berhenti makan sebelum jam tiga sore setiap harinya.

Selain mengawasi pola makan hingga menghitung kalori. Ada beberapa cara lain untuk membantu proses penurunan berat badan agar lebih efisien. Seperti makan terakhir sebelum jam tiga sore setiap harinya.

Dilansir dari DailyMailUK (03/06), fakta ini berdasarkan penelitian terbaru yang diterbitkan di European Congress on Obesity. Dalam penelitian itu, para ahli menganalisa 250 penelitian terkait yang berhubungan dengan puasa selama lebih dari 14 jam sehari.

Mereka juga memeriksa kaitan antara membatasi asupan makanan di jam 6 pagi sampai jam 3 sore, di waktu buka puasa.

Ternyata pola puasa selama 14 jam, dengan makanan terakhir yang disantap sebelum jam 3 sore bisa membantu body clock. Jam tubuh yang mirip seperti nenek moyang manusia di masa lampau.

Baca Juga: Sebaiknya Tetap Sarapan Meskipun Tidak Lapar, Ini Kata Ahli Diet" selengkapnya

Penelitian ini juga menyimpulkan, orang-orang yang makan terakhir sebelum jam tiga sore setiap harinya memiliki kontrol gula darah yang lebih baik. Penurunan berat badan juga lebih terlihat, karena dengan metode puasa ini, secara alami mengikis atau mengurangi lemak, peradangan dan penyakit lainnya.

Pola makan sehatPola makan sehat Foto: Getty Images/iStockphoto/Farknot_Architect

Makan lebih awal dikaitkan dengan bakteri usus yang lebih sehat, yang membantu sistem kekebalan tubuh. Serta meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, menurut data yang dianalisa dari penelitian ini.

"Data menunjukan bahwa makan lebih awal setiap harinya, mampu meningkatkan penurunan berat badan, mengontrol glikemik, mengendalikan nafsu makan, serta kesuburan," ungkap Dr Courtney Peterson, selaku salah satu peneliti dari University of Alabama, Amerika.

Dr Courtney mengaitkan pola makan ini, dengan pola makan nenek moyang di masa lampau. Kebanyakan orang dulu, berhenti makan sebelum malam hari karena mereka tidak memiliki akses untuk berburu atau mencari makanan di malam hari.

"Kebanyakan orang kini makan dengan rentang waktu 12 jam sehari, tapi waktu ini berubah dari hari ke hari. Beberapa orang bisa makan selama 14-15 jam setiap harinya. Karena mereka sering kali punya pola makan yang tidak teratur," lanjutnya.

Bukan tanpa alasan mengapa makan terakhir sebelum jam tiga sore dinilai baik untuk tubuh. Karena tubuh memiliki circadian system, atau sistem tubuh yang berkaitan dengan pola makan dan kebiasaan seseorang.

Semakin baik sistem tubuh seseorang, maka semakin sehat tubuh dan energi untuk melakukan berbagai aktivitas juga jadi lebih tertata.

Selain menyarankan untuk makan terakhir sebelum jam tiga sore untuk menjaga kesehatan tubuh dan berat badan. Dr Courtney menyarankan, agar orang-orang rutin mengonsumsi makanan sehat.

"Jadi jika kalian sering mengubah waktu makan atau pola makan setiap harinya. Tubuh bisa mengalami metabolic jetlag, yang pastinya mengganggu sistem metabolisme tubuh," pungkasnya. Metabolisme tubuh sendiri memiliki peranan penting dalam penurunan berat badan termasuk pembakaran lemak.

Baca Juga: Diet Residu, Pola Makan Khusus Buat Penderita Gangguan Pencernaan" selengkapnya



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)