Kunci Sukses Diet Rendah Karbohidrat, Hindari 7 Hal Ini

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 20 Mei 2022 08:00 WIB
Menu diet keto
Foto: shutterstock
Jakarta -

Diet rendah karbohidrat punya aturan. Seperti tujuh hal ini yang seharusnya tidak dilakukan saat jalani diet rendah karbohidrat.

Diet kini berkembang pesat dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi tubuh. Salah satu yang populer, diet rendah karbohidrat yang memangkas asupan karbohidrat untuk menurunkan berat badan.

Hampir mirip dengan diet keto yang dipopulerkan oleh Atkins, bedanya diet rendah karbohidrat ini lebih ketat lagi. Banyak pelaku diet yang mengaku turun berat badan cepat setelah melakukan diet ini meski hanya sebentar.

Sayangnya, masih banyak kesalahan yang dilakukan para pelaku diet rendah karbohidrat dan membuatnya menjadi tidak sehat. Walaupun membatasi dan mengurangi asupan karbohidrat, tetapi tidak berarti seluruh asupan karbohidrat harus dihindari.

Berikut ini 7 kesalahan yang seharusnya tidak dilakukan saat menjalani diet rendah karbohidrat menurut Eating Well:

Steamed dishes using steamed basketsBanyak dihindari, beberapa sayuran ternyata justru dapat membantu memberikan rasa kenyang yang lama. Foto: Getty Images/iStockphoto/kazoka30

1. Mengurangi asupan sayuran

Berbagai sayuran perlu dikonsumsi ketika diet, tetapi bagi pelaku diet rendah karbohidrat ada kekhawatiran kandungan karbohidrat dalam sayur-sayuran yang tidak terdeteksi mengganggu pola diet mereka. Alhasil banyak dari mereka yang absen makan sayur.

Padahal ahli gizi merekomendasikan pelaku diet rendah karbohidrat untuk mengonsumsi sayuran hijau, brokoli, kembang kol, paprika dan beberapa sayuran lain yang memang rendah kandungan karbohidratnya. Konon, tidak mengurangi asupan sayuran menjadi cara yang ampuh untuk membuat tubuh merasa kenyang.

2. Tidak makan buah

Banyak buah mengandung karbohidrat tinggi. Dampaknya, para pelaku diet rendah karbohidrat menjadi enggan mengonsumsi buah-buahan karena khawatir menjadi sumber karbohidrat tersembunyi.

Nyatanya, ada beberapa buah yang mengandung karbohidrat begitu rendah dan justru disarankan untuk dikonsumsi oleh pelaku diet. Diantaranya buah-buahan seperti semangka, buah berry, buah persik hingga tomat dan alpukat.

3. Tidak olahraga

Saat menjalani diet dan membatasi makanan, hal yang wajar jika merasa tubuh lebih lemas dan tidak bertenaga. Tetapi jangan menjadikan kondisi ini sebagai alasan untuk tidak melakukan olahraga rutin.

Tidak memangkas karbohidrat sepenuhnya menjadi salah satu cara untuk tetap memberikan tubuh sumber energi saat melakukan olahraga rutin. Justru dengan melakukan olahraga seperti kardio atau melatih kekuatan lainnya akan memberikan hasil penurunan berat badan yang efektif.

Hal yang harus dihindari lainnya bisa dilihat di halaman berikutnya.