Sebaiknya Jangan Panaskan 7 Makanan ini Dalam Microwave, Bisa Berbahaya

Atiqa Rana - detikFood
Senin, 06 Jun 2022 15:30 WIB
Makanan yang Berbahaya jika di Microwave
Foto: Getty Images
Jakarta -

Demi kepraktisan orang sering memanaskan kembali makanan dalam microwave. Namun hati-hati, ternyata tak semua makanan bisa dipanaskan.

Memanaskan makanan sisa dalam microwave menjadi solusi mudah bagi mereka yang malas masak. Tak hanya itu, microwave juga biasa digunakan untuk memasak makanan bungkusan yang cara penyajiannya hanya dipanaskan saja.

Ketika sedang terburu-buru, terkadang semua makanan akan langsung dipanaskan saja dalam microwave tanpa memperhatikan jenis bahan makanan tersebut. Tak semua makanan cocok dipanaskan dalam microwave.

Meskipun microwave menjadi alat untuk memanaskan makanan, namun tidak semua makanan bisa dipanaskan di dalamnya. Adapun beberapa bahan makanan yang tidak cocok dipanaskan dengan microwave karena bisa berbahaya.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah 7 makanan yang tidak boleh dipanaskan dalam microwave.

1. Memanaskan Sayuran Dalam Microwave

Makanan yang Berbahaya jika di MicrowaveJika sayuran dipanaskan dalam microwave, itu akan menghilangkan kandungan nutrisi didalamnya. Foto: Getty Images

Sayuran adalah bahan makanan yang benar-benar harus diperhatikan cara masaknya. Jika sayuran dimasak dengan panas berlebih, maka hal tersebut dapat merusak nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa buah-buahan dan sayur-sayuran dapat mempertahankan nutrisi maksimumnya asalkan tidak terkena panas atau lembab.

Pemanasan dalam microwave juga sebenarnya dapat mengurangi kepadatan nutrisi. Karenanya untuk mendapatkan manfaat terbaik dari sayuran, sebaiknya mengukusnya saja.

2. Memanaskan Air

Ketika ingin memanaskan air, jangan sekali-kali menggunakan microwave. Hal ini harus dihindari karena memanaskan air pada suhu tinggi dalam wadah keramik atau gelas dalam waktu yang cukup lama akan mengurangi pembentukan gelembung.

Dalam waktu yang lama, memanaskan air dalam microwave akan menjadikan air sangat panas dan bisa menyebabkan ledakan. Untuk itu hindarilah hal ini dan cobalah untuk memanaskan air dengan alat pemanas yang lebih tepat.



Simak Video "Bikin Laper: Gurih Manis Ayam Bakar yang Lagi Viral"
[Gambas:Video 20detik]