ADVERTISEMENT

Ini Perbedaan Clean Keto dan Dirty Keto, Mana yang Lebih Baik?

Atiqa Rana - detikFood
Senin, 06 Jun 2022 06:00 WIB
Diet Keto
Foto: iStock

2. Manfaat Diet Keto

Beberapa orang menganggap bahwa metode diet ini ampuh untuk turunkan berat badan yang mana akan mengarah kepada kesehatan. Namun selain manfaat tersebut, ada beberapa penelitian yang menemukan bahwa diet keto mampu memperbaiki keseimbangan hormon, seperti adanya lebih sedikit jerawat dan pengurangan gejala terkait sindrom ovarium polikistik pada beberapa wanita.

Diet KetoBeberapa orang menganggap bahwa metode diet ini ampuh untuk turunkan berat badan yang mana akan mengarah kepada kesehatan. Foto: iStock

Studi yang sedang berjalan juga mempertanyakan apakah diet keto juga bisa memperlambat pertumbuhan kanker dan mengurangi risiko kanker. Sebenarnya beberapa jenis kanker akan tumbuh di lingkungan tinggi gula. Sehingga ketika menghilangkan gula dari tubuh, itu akan memperlambat pertumbuhan kanker.

Ada beberapa pendapat juga yang mengatakan bahwa diet keto dapat akan mengontrol diabetes. Namun penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan.

3. Risiko Kesehatan dari Kedua Diet Keto Ini

Risiko yang ditemukan pada suatu studi tahun 2016, yaitu dimana dalam jangka pendek, diet ketogenik dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti sembelit. Ini disebabkan karena kurangnya asupan serat, vitamin, dan mineral pada tubuh.

Diet keto bersih dan kotor keduanya memiliki jumlah lemak yang tinggi. Hal ini bisa menyebabkan masalah hiperlipidemia yaitu meningkatkan konsentrasi lemak dan kolesterol dalam darah yang mana mampu meningkatkan risiko penyakit jantung.

Matthew Black juga mencatat bahwa pasien dengan penyakit hati dan ginjal tidak boleh melakukan diet jenis ini. Beberapa orang yang menggunakan obat-obat tertentu juga harus menghindari diet ini karena obat-obat itu bisa meningkatkan kadar gula darah.

Setelah mengikuti diet ketogenik, selain berat badan cepat turun, berat badan juga akan cepat kembali naik. Ini disebabkan ketika adanya penurunan berat badan, tubuh yang berada dalam keadaan tidak ketosis akan memasukkan karbohidratnya kembali.

4. Manakah yang Lebih Baik?

Meskipun keduanya memiliki perbedaan yang cukup terlihat, namun tidak ada yang lebih sehat diantara keduanya.

Bromley Maharg seorang ahli diet di Providence Regional Medical Center Everett mengatakan bahwa untuk bisa mencapai ketosis, asupan karbohidrat harus minimal. Diet yang direkomendasikan yaitu rasio 3 hingga 4 gram lemak untuk setiap 1 gram karbohidrat dan protein yang digabungkan.

Diet KetoUntuk mencapai ketosis, asupan karbohidrat harus minimal. Direkomendasikan yaitu rasio 3 hingga 4 gram lemak untuk setiap 1 gram karbohidrat dan protein yang digabungkan. Foto: iStock

Memang dengan diet keto asupan lemak dapat teratasi, namun jika terlalu tinggi mengonsumsi lemak jenuh, hal ini bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular. Diet keto pun tidak bisa sembarang dilakukan karena tidak setiap orang memiliki kondisi tubuh yang sama.



Simak Video " Mengulik Lokasi Rossy Baking Center, Surganya Pecinta Kue"
[Gambas:Video 20detik]

(aqr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT