ADVERTISEMENT

Ini Perbedaan Clean Keto dan Dirty Keto, Mana yang Lebih Baik?

Atiqa Rana - detikFood
Senin, 06 Jun 2022 06:00 WIB
Diet Keto
Foto: iStock
Jakarta -

Diet keto adalah diet populer dengan 2 jenis yaitu clean keto dan dirty keto. Keduanya memiliki perbedaan. Lantas, manakah yang lebih baik?

Dilansir dari healt.usnews.com (14/02/2020), Diet keto adalah metode diet dengan cara makan makanan rendah karbohidrat sebesar 4%, protein sebesar 6%, dan tinggi lemak sekitar 90%. Diet ini merupakan salah satu diet populer yang telah dilakukan oleh banyak orang karena dianggap ampuh untuk menurunkan berat badan.

Di sisi lain, ternyata diet keto masih masih banyak diperdebatkan. Ini karena jika pola diet tidak dilakukan dengan benar, maka akan menimbulkan risiko berbahaya bagi kesehatan.

Ternyata diet keto yang dikenal pada umumnya memiliki jenis yang lebih spesifik lagi. Ada 2 macam diet keto yang bisa dijalankan, yaitu clean keto dan dirty keto. keduanya tentu memiliki perbedaan dan manfaat serta resiko nya tersendiri.

1. Clean dan Dirty Keto serta Perbedaanya

Clean keto dan dirty keto keduanya sama sama menerapkan pola makan rendah karbohidrat tinggi lemak. Namun komponen utama yang membedakan ialah bagaimana makanan itu diolah.

Clean keto atau diet keto bersih berarti diet yang menghindari makanan olahan. Sedangkan dirty keto adalah diet yang tidak terlalu fokus pada makanan utuh, melainkan berusaha untuk mematuhi rasio makronutrien seperti lemak, protein, dan karbohidrat pada makanan.

Diet KetoClean keto atau diet keto bersih berarti diet yang menghindari makanan olahan dan lebih menekankan kepada elemen lain seperti nutrisidan kualitas makanan. Foto: iStock

Matthew Black, ahli diet dari Ohio State University Wexner Medical Center mengungkapkan bahwa tidak ada pedoman pasti untuk kedua varian ini. Semua hanyalah tergantung dengan preferensi individu.

Orang yang melakukan diet dirty keto, mereka bisa lebih bebas untuk makan apa yang mereka inginkan, asalkan tetap dengan porsi yang dibatasi dan tetap mengatur pola makannya. Ini juga termasuk ketika mereka melakukan 'cheating day', mereka akan lebih bebas untuk mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi seperti makan burger keju tanpa roti.

Sedangkan diet clean keto yaitu mereka yang tetap bergantung dengan peraturan awal dari diet keto dan lebih menekankan kepada elemen lain. Seperti kepadatan nutrisi makanan, kualitas makanan secara keseluruhan, serta menghindari makanan olahan.



Simak Video " Mengulik Lokasi Rossy Baking Center, Surganya Pecinta Kue"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT